Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pertamina Jamin Pasokan Gas 3 Kg

CILACAP, Jowonews.com — PT Pertamina Marketing Operation Region IV menjamin ketersediaan elpiji 3 kilogram di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, kata Area Manager Communication Relations PT Pertamina (Persero) Jawa Bagian Tengah Andar Titi Lestari.

“Kami berkomitmen penuh dalam hal pendistribusian sesuai dengan kuota yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga kuota ini yang harus kami jaga,” katanya dalam keterangannya Minggu (10/9).

Ia mengatakan kebijakan penerapan distribusi elpiji 3 kilogram berbeda dengan elpiji “nonpublic service obligation (non-PSO)”.

Dalam pendistribusian elpiji 3 kilogram, kata dia, Pertamina mengikuti Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Elpiji, khususnya Pasal 18 hingga Pasal 20 yang mengatur masalah pendistribusian elpiji dan pengguna elpiji tertentu.

Berdasarkan peraturan tersebut, lanjut dia, Pertamina hanya bertanggung jawab melakukan pengawasan sampai dengan pangkalan elpiji 3 kilogram.

Terkait dengan isu kelangkaan elpiji 3 kilogram yang diduga terjadi sejak menjelang Hari Raya Idul Adha, Andar mengatakan PT Pertamina MOR IV telah melakukan penambahan fakultatif guna menjamin ketersediaan bahan bakar gas bersubsidi tersebut termasuk menggelar operasi pasar di sejumlah wilayah Jateng dan DIY.

Menurut dia, beberapa wilayah yang pasokannya ditambah pada periode tanggal 1-3 September di antaranya Kabupaten Banjarnegara sebanyak 31.360 tabung, Banyumas sebanyak 30.240 tabung, Cilacap sebanyak 79.520 tabung, dan Purbalingga sebanyak 38.080 tabung. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...