Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pertumbuhan Ekonomi Jateng 2016 Melambat

SEMARANG, Jowonews.com – Pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah secara “yoy” triwulan II 2016 dibandingkan periode sama tahun 2015 tumbuh 5,74 persen. Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi triwulan III 2016 dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya melambat menjadi 5,06 persen. Perlambatan ini salah satunya merupakan dampak dari melemahnya pertumbuhan ekonomi di beberapa negara di luar negeri.

“Pelemahan ekonomi di beberapa negara mitra dagang Jawa Tengah berdampak pada ekonomi kita, salah satunya pelemahan ekonomi yang terjadi di Tiongkok,” kata Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng Samiran di Semarang, Senin (7/11).

Melihat kondisi tersebut, pihaknya berharap Pemerintah mencari strategi agar pertumbuhan ekonomi di Jateng positif seperti halnya yang terjadi di Jawa Timur dan Jawa Barat.

Meski demikian pertumbuhan ekonomi Jateng dari awal tahun hingga triwulan III tahun 2016 mencapai 5,24 persen. “Secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Jateng 5,24 persen. Sedangkan untuk ekonomi Jateng pada triwulan III tahun ini terhadap triwulan II tahun yang sama tumbuh sebesar 2,65 persen,” imbuhnya.

Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi terjadi pada usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 9,24 persen. Secara umum, beberapa momentum yang memberikan dampak pada pertumbuhan pada triwulan ini di antaranya momentum Lebaran Idul Fitri, Idul Adha, dan hari kemerdekaan Indonesia yang juga terjadi di triwulan III. “Selain itu, konsolidasi yang dilakukan oleh sejumlah partai politik juga memberikan dampak terhadap terjadinya pertumbuhan ekonomi ini,” katanya.

Untuk diketahui, perekonomian Jawa Tengah diukur berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan III tahun ini mencapai Rp283.850,38 miliar dan atas harga konstan 2010 mencapai Rp217.943,73 miliar. Meski demikian ada perlambatan jika dibandingkan antara “q to q” triwulan III dengan triwulan II.

Pertumbuhan ekonomi Jateng untuk triwulan III jika dibandingkan dengan triwulan sama tahun lalu lebih baik. Untuk diketahui, pertumbuhan ekonomi triwulan III tahun lalu sebesar 5,00 persen. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...