Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pertumbuhan Ekonomi Jateng 2017 Diprediksi Lebih Baik

SEMARANG, Jowonews.com – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Wilayah Jawa Tengah memprediksikan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2017 akan lebih baik dari tahun ini. Diprediksi pertumbuhan tahun depan mencapai 5,5 persen.

“Kalau perkiraannya antara 5,3-5,7 persen tetapi prediksi saya ada di tengahnya yaitu 5,5 persen,” kata Kepala BI Kanwil Jawa Tengah Iskandar Simorangkir di Semarang, Rabu (14/12).

Dikatakan, prediksi pertumbuhan ekonomi tersebut lebih baik dibandingkan dengan tahun 2016 yang diprediksi akan tumbuh tidak lebih dari 5,4 persen.

Peningkatan tersebut didorong oleh proyek infrastruktur yang mulai berjalan mulai dari pembangunan jalan, waduk, hingga proyek investasi usaha.

“Saat ini pembebasan lahan sedang berjalan, dampak positifnya akan terasa di tahun 2017. Pencapaian pertumbuhan ekonomi di level 5,5 persen tidak akan sulit direalisasikan,” katanya.

Sementara itu, sektor strategis yang diprediksikan akan tumbuh pada tahun 2017 hampir sama dengan tahun ini salah satunya adalah jasa keuangan dan asuransi.

“Prediksinya nanti akan tumbuh karena Bank Indonesia sudah menurunkan suku bunga sebesar 150 basis point, penurunan giro wajib minimum (GWM) primer dari 7,5 persen menjadi 6,5 persen,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan pelonggaran untuk “loan to value” (LTV) terkait uang muka rumah. Dikatakan, dengan adanya pelonggaran kebijakan moneter tersebut diharapkan pertumbuhan kredit bisa meningkat.

“Dengan demikian nanti harapan kami sektor jasa keuangan bisa meningkat,” katanya.

Sektor lain yang diprediksikan juga mengalami peningkatan yaitu sektor komunikasi. Peningkatan ini seiring dengan berkembangnya bisnis “e-commerce” di masyarakat.

“Bahkan prediksi kami, untuk sektor komunikasi ini akan menjadi salah satu faktor utama pendorong ekonomi negara kita,” imbuhnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...