Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Petani di Magelang Dapat Bantuan Alat Pertanian

jokowi kesawahMAGELANG, Jowonews.com – Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, memberikan bantuan alat pertanian, berupa traktor tangan dan pompa air, kepada kelompok tani di daerah setempat guna mendukung pencapaian swasembada pangan.

Menurut  Kepala Distanhutbun Pemkab Magelang Wijayanti di Magelang, Senin, mengatakan para pegiat kelompok tani yang menerima bantuan tersebut, sebelumnya telah menjalani pelatihan di kantor instansi tersebut. “Harapannya, nantinya mereka tidak mengalami kendala di lapangan dalam mengoperasikan berbagai alat pertanian tersebut,” katanya, Senin (23/3/2015).

Pihaknya akan terus memberikan dukungan kepada petani setempat agar produksi pertanian semakin meningkat pada masa mendatang dan kehidupan mereka semakin sejahtera. Alat pertanian yang diberikan kepada kelompok tani setempat itu, berjumlah 27 traktor tangan dan 14 pompa air.

Penyerahan bantuan setelah upacara HUT Ke-31 Kota Mungkid, Ibu Kota Kabupaten Magelang itu, oleh Wakil Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Pelaksana Tugas Sekda Pemkab Magelang Agung Trijaya dan Pasiter Kodim 0705 Magelang Kampten Inf Puji Basuki, sedangkan penerimanya perwakilan para pimpinan kelompok tani di daerah setempat.

Arifin mengatakan saat ini lahan pertanian di daerah itu semakin berkurang, sedangkan jumlah warga setempat terus meningkat. “Hal ini dapat mengancam ketahanan pangan. Oleh karena itu, dengan lahan yang semakin menyempit diharapkan petani dapat melakukan berbagai inovasi agar diperoleh hasil pertanian yang tetap baik dan banyak,” katanya.

Ia mengatakan Kabupaten Magelang dengan tanah yang subur sebagai penyangga pangan yang tidak hanya lingkup Jawa Tengah, namun juga nasional, karena selama ini surplus beras. Para petani, katanya, hendaknya tidak hanya memanfaatkan lahan untuk ditanami padi, tetapi juga perlu ditanami komoditas lainnya yang menjadi sumber pangan masyarakat.

BACA JUGA  Petani Gelar Ruwatan di PN Kendal

Ia mengatakan pertanian sebagai salah satu sektor unggulan Kabupaten Magelang. Sebanyak dua sektor unggulan lainnya, yakni pariwisata dan usaha menengah, kecil, dan mikro.

Pemkab Magelang bersama TNI bekerja sama untuk menyukseskan program swasembaga pangan pada 2017 melalui program padi, jagung, dan kedelai (pajale). “Pemerintah mengharapkan program pajale dapat berhasil dengan baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani,” pungkasnya. (JN03)

Editor : Iwud

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...