Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pilkada Salatiga: Raih 50,71% Suara, Yaris Kalahkan Calon PDIP

SALATIGA, Jowonews.com – Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Salatiga Yuliyanto dan Muhammad Haris, (Yaris) berhasil memenangka Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Salatiga yang digelar Rabu (15/2/2017).

Berdasarkan hasil perhitungan data real count tim Yaris dengan data mencapai 100 persen, Yaris berhasil mengungguli pasangan  Agus Rudianto dan Dance Ishak Palit dengan perolehan suara 53.307 suara (50,71%). Sementara paslon Agus-Dance memperoleh suara 51.807 suara (49.29%) atau dengan selisih 1500 suara (1,42%).

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) KH Kamal Fauzi mengaku bersyukur atas kemenangan yang diperoleh dalam Pilkada 2017 kali ini. Namun demikain dia mengingatkan kepada seluruh tim pemenangan Yaris untuk terus mengawal suara hingga ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

“Alhamdulillah dengan izin Allah SWT pasangan kami, yang merupakan kader internal PKS kembali memenangi Pilwalkot Salatiga, namun demikian hasil ini belum final, sehingga kami berharap seluruh kader PKS dan tim pemenangan Yaris mengawal hingga ke KPUD, hingga pengumuman resmi dari KPUD,”jelasnya di Semarang (15/2/2017).

Berdasarkan hasil penghitungan real count, dari total 386 Tempat Pemungutan Suara (TPS), pasangan Yaris yang berada di nomor urut 2 tersebut unggul di dua kecamatan, yakni kecamatan Sidorejo (15.424 suara) berbanding 13.735 untuk paslon Rudi-Dance. Yaris juga menang di kecamatan Tingkir dengan perolehan 13.596 suara berbanding 11.307 suara untuk paslon Rudi-Dance.

Sementara paslon Rudi-Dance yang didukung PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menang di dua kecamatan lainnya, yakni Kecamatan Argomulyo dengan perolehan 13.565 suara berbanding 13.414 suara untuk pasangan Yaris. Rudi-Dance juga mencatatkan kemenangan di Kecamatan Sidomukti dengan 13.200 suara berbanding 10.873 suara untuk Yaris.

Sebagaimana diketahui, Pilkada Kota Salatiga diikuti dua paslon, yakni Agus Rudianto dan Dance Ishak Palit yang diusung PDIP dan PKB di nomor urut satu. Calon lainnya adalah Yuliyanto dan Muhammad Haris yang diusung Demokrat, PKS, Gerindra, Golkar, Nasdem  dan PPP serta didukung dua parpol nonkursi yaitu PAN dan Perindo. Yulianto dan Muhammad Haris sendiri adalah calon petahana Salatiga. (jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...