Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

PJ Gubernur Jateng, Operasi TMC Diperpanjang Hingga 27 Maret untuk Mengurangi Dampak Banjir di Jateng

DEMAK – Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, mengumumkan bahwa operasi modifikasi cuaca (TMC) untuk mengurangi dampak banjir di Provinsi Jateng akan diperpanjang hingga tanggal 27 Maret 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung upaya penutupan dan penguatan tanggul sungai yang rusak.

Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Demak, Nana Sudjana menjelaskan bahwa operasi TMC telah memberikan hasil yang positif, terlihat dari tidak adanya hujan beberapa hari terakhir. Perpanjangan operasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa cuaca tidak akan mempengaruhi proses perbaikan tanggul yang jebol.

Selain penutupan, tanggul yang telah berhasil diperbaiki juga akan diperkuat guna mencegah kejadian serupa di masa mendatang.

Nana Sudjana mengungkapkan bahwa banjir yang terjadi di Kabupaten Demak dan sekitarnya disebabkan oleh cuaca ekstrem pada tanggal 8-18 Maret 2024. Kondisi geografis Kabupaten Demak yang berada di dataran rendah membuatnya lebih rentan terhadap banjir saat hujan deras terjadi di Pegunungan Kendeng di wilayah Blora, Rembang, dan sekitarnya.

“Ketika hujan deras di Pegunungan Kendeng, air mengalir ke sungai dan masuk ke Sungai Wulan. Kabupaten Grobogan juga terdampak cuaca ekstrem, dengan kota tergenang banjir, dan Demak serta Kudus juga ikut terdampak,” jelas Nana Sudjana.

Curah hujan yang tinggi mengakibatkan kenaikan volume air sungai, terutama di Sungai Wulan, yang menyebabkan tanggul jebol. Sayangnya, sebagian besar permukiman warga berada di bawah tanggul tersebut.

Pemerintah provinsi dan kabupaten telah mengambil langkah-langkah evakuasi dan menyiapkan tempat pengungsian untuk masyarakat terdampak. Pemerintah pusat juga memberikan perhatian yang serius terhadap masalah ini. Upaya pencegahan tanggul jebol di masa depan juga akan diambil.

Nana Sudjana mencatat bahwa terdapat empat titik tanggul sungai yang jebol dengan dampak yang cukup besar. Tiga titik tanggul jebol terletak di Kabupaten Grobogan, sementara satu titik berada di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak.

Saat ini, Kementerian PUPR telah menangani semua tanggul yang jebol dan berhasil menutupnya, sehingga banjir mulai surut. Selama proses penguatan tanggul, upaya dilakukan agar tidak ada hujan yang mengganggu pekerjaan, termasuk melalui modifikasi cuaca.

BACA JUGA  MUSRENBANGWIL: Aglomerasi Kedungsepur Diproyeksikan Jadi Kawasan Industri

Letjen TNI Suharyanto, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dalam kunjungannya ke tanggul Sungai Wulan yang jebol, menyatakan bahwa operasi TMC telah diperpanjang hingga tanggal 20 Maret 2024 karena dinilai berhasil. Namun, berkat keberhasilannya, operasi TMC akan diperpanjang hingga tanggal 27 Maret 2024.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...