Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

PKS Dorong Peningkatan Anggaran Perlindungan Perempuan dan Anak

SEMARANG, Jowonews.com – Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD PKS Kota Semarang berharap ada keberpihakan berbasis anggaran untuk perlindungan perempuan dan anak. Hal ini mengingat pada tahun sebelumnya anggaran masih sangat minim.

Melalui siaran persnya kepada Jowonews.com, Ketua BPKK PKS Semarang Rita Rhoy Kana mengatakan, PKS telah menggelar workshop pembahasan Raperda Perlindungan Perempuan dan Anak bersama elemen dan organisasi perempuan di Hotel Citra Dream Semarang Minggu 3 Maret 2016.

Rita menyampaikan anggaran pemerintah saat ini belum mencerminkan keseriusan pemerintah untuk menyelesaikan persoalan kekerasan kepada perempuan dan anak. Padahal, kasus di Semarang masih tertinggi berdasarkan penelitian LRCKJHAM.

“Saat ini anggaran hanya 0,025 persen, jadi sangat kecil padahal persoalan cukup kompleks, sehingga kami mendorong agar anggaran bisa mencapai 2 persen sebagai bentuk keberpihakan pemerintah dalam hal perlindungan ibu dan anak” ungkap Rita.

Ia menambahkan, adanya porsi anggaran ini, akan sangat baik jika dimasukkan dalam pasal-pasal perda perlindungan perempuan dan anak, sehingga ada regulasi yang jelas dan dapat di pertanggung jawabkan. “Kami dorong agar soal anggaran ini masuk dalam pasal, sehingga pada saat penganggaran tidak ada tawar-menawar lagi, bahwa perlindungan perempuan dan anak menjadi prioritas” Ungkap Rita.

Rita juga meminta semua elemen masyarakat terlibat aktif dalam penyusunan perda ini, agar perda yang dihasilkan benar-benar menjadi solusi atas persoalan di lapangan, itulah juga yang menjadi latar belakang pks mengadakan acara workshop ini.

“Workshop ini diadakan memang ditujukan dalam rangka memberikan dukungan kepada DPRD Kota Semarang atas pembahasan Raperda ini, dan karena masalah ini cukup kompleks dari acara ini semoga bisa memberikan masukan kepada Dewan” Ungkapnya.

Acara Workshop tersebut mengundang sebagai pembicara Ketua Pansus DPRD Kota Semarang, Suciati, S.KM, SERUNI Kota Semarang, LRC KJ HAM. Dan sebagai peserta dialog, PKS mengundang elemen-elemen perempuan di kota semarang seperti Aisyiah, Muslimat, Salimah, perwakilan perempuan dari partai politik dan kader-kader perempuan PKS.

PKS mengajak dan menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk terlibat aktif dalam menjaga dan mengawasi pelaksanaan perda yang akan disahkan nanti,serta terlibat aktif sebagai bagian dari pelaksanaan perda tersebut. (Jn01-Jn16)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...