Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

PLTU Batang Akan Gunakan Batubara

Rencana PLTU Batang. (Foto : IST)
Rencana PLTU Batang. (Foto : IST)
Rencana PLTU Batang. (Foto : IST)

SEMARANG, Jowonews.com – PLN menyatakan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Batang, Jawa Tengah, akan memanfaatkan batu bara karena bahan bakar tersebut mudah diperoleh di dalam negeri.

“Dengan memanfaatkan batu bara, Indonesia dapat mengurangi ketergantungan energi dari bahan bakar minyak yang saat ini sebagian masih diimpor,” ujar Direktur Operasi PT PLN Amir Rosidin dalam rilis, Jumat (14/8/2015) kemarin.

Dikatakan Amir, untuk proyek pembangkit listrik sebesar 35 ribu megawatt (MW) yang diprogramkan pemerintah tersebut sebagian besar akan memanfaatkan batu bara sebagai bahan bakar. “Jika memang seluruhnya sudah terealisasi salah satunya PLTU Batang, artinya khusus untuk program tersebut membutuhkan batu bara sekitar 166 juta ton/tahun,” katanya.

Biaya operasional batu bara hanya 25 persen bila dibandingkan BBM, sehingga ketika sampai ke masyarakat akan lebih murah. Berdasarkan data Kementerian ESDM, total cadangan batu bara nasional mencapai 30,9 miliar ton. Untuk total produksi tahun ini diprediksikan mencapai 425 juta ton. Dari total tersebut, 80 persennya diekspor ke sejumlah negara.

Di sisi lain, total cadangan minyak bumi nasional hanya tersisa 3,74 miliar. Untuk memenuhi kebutuhan BBM di dalam negeri, setiap hari Pertamina membutuhkan dana sekitar Rp2 triliun untuk impor BBM. Artinya selama setahun dibutuhkan lebih dari Rp730 triliun untuk impor BBM. Oleh karena itu diharapkan dengan penggunaan batu bara, dana untuk mengimpor BBM dapat lebih ditekan. (JN03)

BACA JUGA  Pemkot Pekalongan Anggarkan Rp 32 M Bangun Jalur Lingkar ke Batang

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...