Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Pohon Pengantin Salatiga, Keindahan Dibalik Mitos Yang Melingkupi

Pohon Pengantin Salatiga

Pohon Pengantin Salatiga pada dasarnya bukanlah tempat wisata, namun karena keindahan pemandangan dan keunikannya, banyak orang yang kemudian tertarik untuk mengunjunginya.

Salatiga merupakan kota kecil yang sejak dulu sudah diakui keindahannya. Sampai sekarang kota ini juga banyak menawarkan lokasi wisata yang indah. Salah satunya Pohon Pengantin.

Pohon Pengantin sebetulnya bukan tempat wisata resmi, namun karena keunikan dan pemandangan sekitarnya yang cantik, banyak yang tertatrik untuk mengunjungi Pohon Pengantin ini. Sehingga keberadaan lokasi ini terekam dalam situs Google Maps. Lokasi Pohon Pengantin berada di Jalan Siranda, Pulutan, Kota Salatiga. Letaknya berada di dekat SMP Islam Al Azhar Salatiga dan dapat dikunjungi dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Keunikan Pohon Pengantin Siranda

Bukan sekadar pohon, pohon pengantin ini sangat unik bentuknya. Pohon ini tumbuh sendirian di pematang sawah. Bentuknya juga meliuk-liuk, unik seperti ular. Batang bagian bawahnya membentuk tempat duduk yang alami karena proses pertumbuhannya. Pohonnya tampak seperti tanaman kerdil bonsai dalam ukuran besar. Tempat ini sering menjadi tempat untuk sesi foto pre-wedding bagi pasangan kekasih yang akan melangsungkan pernikahan.

Legenda Pohon Pengantin Salatiga

Warga sekitar menuturkan bahwa dulunya ada dua pohon di lokasi tersebut, namun salah satu pohon sejak lama sudah ditebang. Pohon itu merupakan simbol cinta. Mitos yang beredar jika sesrorang berkunjung ke pohon tersebut bersama pasangannya, hubungan mereka akan menjadi langgeng. Karena kepopulerannya hingga ada musisi asal Salatiga Erfix Bahtiar, mengungkapkan pesona pohon itu ke dalam sebuah lagu berjudul “Pohon Pengantin”.

Lokasi Pohon Pengantin Salatiga

Lokasi Pohon Pengantin ini sangat mudah diakses. Jaraknya hanya sekitar 3,9 km dari Kota Salatiga dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit saja. Rutenya, jika dari Kota Salatiga menuju Jl Diponegoro, tiba di pertigaan sebelah Puskesmas Sidorejo Lor Salatiga, belok kira menuju Jl Siranda Raya Bancaan, kemudian lurus terus sampai lokasi. Pohon Pengantin terletak di pinggir jalan. Untuk mengunjungi Pohon Pengantin tidak dipungut biaya, paling hanya biaya untuk membayar parkir jika membawa kendaraan.
Pohon Pengantin

BACA JUGA  Svargabumi Borobudur Magelang, Wisata Tengah Sawah Yang Instagramable

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...