Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Sewa Jeep dan Motor Ke Puncak Telomoyo? Segini Tarifnya

Sewa Jeep Telomoyo

Gunung Telomoyo merupakan salah satu destinasi favorit di Jawa Tengah. Wisata nuansa alam tersebut selain menyajikan pemandangan indah dari puncak gunung, juga relatif mudah dijangkau. Salah satunya adalah biasa Sewa Jeep Telomoyo dengan harga yang relatif murah.

Menuju puncak gunung Telomoyo dapat ditempuh dengan sepeda motor hingga jeep, wisatawan bisa mengunjungi Gunung Telomoyo dari beberapa rute.

Gunung Telomoyo dengan ketinggian 1.894 MDPL terletak di Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang. Untuk mendaki gunung ini, kamu bisa melalui Pintu Masuk Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Selain itu, wisatawan juga bisa melalui Dalangan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Wisatawan dapat mencapai puncak dengan sepeda motor atau jeep. Sementara itu, pengunjung yang bepergian dengan mobil dapat parkir di Dalangan.

Setelah itu, wisatawan bisa menyewa sepeda motor atau jeep untuk menuju puncak. Dari atas, kamu bisa melihat keindahan gunung Andong, Merbabu, Ungaran dan tempat lainnya. Kemudian, saat langit cerah, kamu juga bisa melihat pemandangan Rawa Pening.

“Yang kita jual itu memang view atau alam seperti sunset, sunrise. Kalau kerjasamanya itu harus dengan LMDH (lembaga masyarakat desa hutan). Dari LMDH memberi mandat ke kita untuk mengelola wisata ini,” kata Pengelola Gunung Telomoyo Edi Sutrisno saat ditemui di pintu masuk melalui Dalangan, Ngablak, dikutip dari Detik Jateng, Jumat (2/9/2022).



Menurutnya, wisatawan yang bepergian dengan mobil sebaiknya parkir di Dalangan. Kemudian naik ke atas bisa sewa motor atau jeep. Harga sewa sepeda motor adalah Rp 60.000.

“Untuk mobil keluarga diharuskan parkir di sini. Kemudian mereka punya dua alternatif saat mau naik, yang pertama sewa jeep dan yang kedua sewa motor,” ujarnya.

BACA JUGA  Kebun Teh Kemuning Karanganyar, Hamparan Pesona Kebun Teh Di Kaki Gunung Lawu

Edi menjelaskan mengapa mobil pribadi tidak diperbolehkan mendaki Gunung Telomoyo. Salah satunya adalah tim tandang dianggap asing dengan kondisi lapangan.

“Sewa motor seharga Rp 60.000 selama 3 jam. Jadi kami memberdayakan masyarakat di sini. Yang jaga loket adalah orang sini, setiap kepala keluarga di desa Dalangan ini mendapat jatah sebulan sekali,” ujarnya.

Tiket masuk Gunung Telomoyo adalah Rp 15.000/orang. Harga masuk berlaku baik hari kerja dan akhir pekan.

Sementara itu, Gunhardi Widodo, Pengelola Telomoyo Jeep, mengatakan saat ini ada 30 Jeep yang ditawarkan. “Pemilik jeep ini warga Dalangan, Pandean, juga Ngablak,” kata Gunhardi.

“Kita dari bawah sampai puncak, turun lagi itu Rp 400 ribu durasi waktunya 2,5 jam. Selama perjalanan yang utama berhenti di Awang-awang Telomoyo,” ujarnya.

Kemudian paket lain yang ditawarkan, katanya, dari Telomoyo sampai Ketep Pass. Untuk itu paket sebesar Rp1 juta.

“Paket sampai Ketep itu Rp 1 juta. Satu armada, 4 orang dewasa. Kalau sunset tarifnya Rp 500 ribu, start jam 16.00 sore turun jam 19.00 malam,” tuturnya.

“Kalau sunrise jam 04.00 pagi start dari sini, turun sampai bawah jam 8.00 itu tarifnya Rp 700 ribu. Ada paket medium sampai Air Terjun Sumuran sama Kopeng Rp 600 ribu,” pungkasnya.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...