Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Polda Siagakan 2.800 Personel Jaga Aksi Bela Rohingya

MAGELANG, Jowonews.com — Sebanyak 2.800 personel aparat keamanan disiagakan dalam pengamanan aksi damai solidaritas warga Rohingya di Magelang, Jumat (8/9).

“Kami siapkan 28 SSK atau 2.800 personel untuk pengamanan,” kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono usai apel pengamanan kegiatan masyarakat menyikapi masalah kemanusiaan Rohingya di Lapangan drh Soepardi, Kabupaten Magelang, Kamis (7/9).

Ia menuturkan sebenarnya rencana aksi Borobudur tersebut sudah dibatalkan oleh pemrakarsanya, namun pihaknya tidak ingun “underestimate”, dan keamanan harus selalu siap.

Menurut dia ada bebeberapa lokasi yang merupakan ring I pengamanan, yakni sekitar Candi Borobudur, Masjid An-Nur, dan Candi Mendut.

Ia menuturkan di candi Borobudur tidak boleh ada aktivitas aksi, dilakukan sterilisasi, pemeriksaan secara ketat terhadap pengunjung yang akan masuk ke Candi Borobudur. Pemeriksaan dilakukan secara gabungan dari petugas keamanan Candi Borobudur, TNI, dan Polri.

Kemudian pengamanan di ring II, yakni di luar kawasan Candi Borobudur dengan melakukan penyekatan agar tidak ada massa aksi yang masuk ke ring I.

Selain menyekat, pihaknya meminta babinkamtibmas, babinsa, kepala desa juga mendeteksi RT/RW untuk mendeteksi jangan sampai ada orang-orang yang akan berusaha mencari nama di sana sebelum dilakukan penyekatan.

“Jangan sampai orang-orang yang akan berusaha mencari nama kemudian mengapload bahwa dia sudah beraksi di Candi Borobudur,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...