Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Polisi Cegah Massa dari Yogya Masuk ke Magelang

MAGELANG, Jowonews.com — Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono mengatakan 35 polres di Polda Jateng, termasuk Polda DIY, juga melakukan penyekatan agar massa dari Yogyakarta tidak masuk ke Magelang.

Ia menuturkan pihak pemrakarsa telah membatalkan kegiatan di Borobudur dan akan melaksanakan shalat Jumat di Masjid An-Nur, sehinga Masjid An-Nur juga menjadi ring satu dalam pengamanan.

Ia mengatakan masjid tidak boleh untuk melaksanakan unjuk rasa sehinga Masjid An-Nur yang bertanggung jawab takmir masjid untuk susunan petugas khatib dan imam shalat Jumat.

Ia menyampaikan shalat Jumat juga akan dilaksanakan serentak di 35 kabupaten/kota di masjid agung setempat sekaligus mengakomodir aspirasi masyarakat untuk doa bersama, shalat gaib, dan penggalangan dana.

“Di semua kabupaten/kota, polres melakukan penyekatan, kalau massa akan menuju Magelang hanya untuk shalat Jumat silakan di masjid masing-masing, karena daya tampung Masjid An-Nur juga terbatas sekitar 1.500 orang,” katanya di Magelang, Kamis (7/9).

Ia meminta anggota keamanan untuk melakukan pengamanan secara profesional, sesuai standar operasional prosedur, tahapan-tahapan tindakan kepolisian ada eskalasinya, dan pihaknya minta agar tidak ada yang membawa peluru tajam.

“Saya minta seluruh anggota pengamanan lebih mengedepankan tindakan persuasif, karena aksi damai dan juga merupakan bentuk simpati dan empati kaum muslim,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...