Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Polisi Minta Pemudik tak Fokus Lewat Pantura

SEMARANG, Jowonews.com — Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa meminta pemudik yang akan masuk ke Jawa Tengah tidak hanya bergantung pada jalur tol Pantura. “Jangan berpikir karena sudah ada tol lalu lewat pantura, kalau bisa dibagi rata,” kata Royke di Semarang, Kamis (4/5).

Menurut dia, arus mudik Lebaran tahun ini lebih leluasa bagi masyarakat karena jalur selatan maupun utara dipastikan siap. Ia menjelaskan ruas tol mulai Brebes Timur hingga menuju ke Semarang telah siap, meski kemungkinan hanya bisa difungsikan hingga wilayah Gringsing, Kabupaten Batang.

Bagi pemudik yang akan menuju ke selatan, kata dia, jalur yang ada dipastikan siap. Empat jalan layang di atas perlintasan sebidang kereta api untuk jalur yang menuju Selatan juga telah mencapai 70 persen pembangunannya.

Keberadaan empat jalan layang tersebut diperkirakan bisa mengurangi 50 persen kepada atan kendaraan saat mudik. Seluruh proyek infrastruktur tersebut dipastikan siap difungsikan 10 hari menjelang Lebaran.

Sebelumnya, Kakorlantas memastikan penggalan ruas tol dari Brebes menuju Semarang, Jawa Tengah bisa beroperasi fungsional untuk arus mudik Lebaran. “Beroperasi fungsional, jadi masih sementara,” kata Royke.

Menurut dia, ruas tol yang sudah bisa difungsikan mulai Brebes Timur hingga menuju Batang. Dari hasil survei, kata dia, ruas tol yang bisa difungsikan baru mencapai Gringsing, Kabupaten Batang. “Sudah lumayan, nanti ada kepadatan yang terbagi,” katanya. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Polresta Surakarta Siapkan Alternatif Rekayasa Lalu Lintas Sambut Arus Mudik

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...