Jowonews

Polres Patroli Keliling di Pasar Tradisional

Polres Pekalongan. (Foto : Humas Polres)
Polres Pekalongan. (Foto : Humas Polres)
Polres Pekalongan. (Foto : Humas Polres)

Kudus, Jowonews.com– Satuan Shabara Polres Kudus menggelar patroli keliling pasar tradisional dengan menerjunkan persolen bersenjata lengkap. Mereka mengitari lorong-lorong di Pasar Kliwon, Kamis (2/7) untuk patroli keamanan.

Patroli dari petugas berseragam dan bersenjata ini, mendapat sambutan antusias dari para pedagang maupun pengunjung pasar. Menurut mereka, patroli semacam ini memberikan rasa aman dan nyaman. 

Satu di antaranya adalah Ariana Ekawati, yang saat itu sedang berbelanja pakaian dan kebutuhan lainnya. “Saya jadi lebih tenang saat berbelanja, tak lagi terlalu hawatir kecopetan,” ucapnya.

Menurut dia, melihat petugas bersenjata sedang patroli, pasti membuat nyali copet menjadi ciut. Sehingga, akan berpikir berkali-kali untuk beroperasi. “Lihat petugas, yang mau bertindak kriminal kan pasti keder duluan,” ujarnya.

Senada disampaikan seorang pedagang pakaian di Pasar Kliwon, Endang. Menurutnya, pasar tersebut tak bisa dibilang steril dari aksi kejahatan. Dikatakannya, pada hari-hari ramai pengunjung seperti saat ini,
tingkat kerawanan terjadinya kecopetan semakin meningkat.

“Pada hari-hari sebelumnya, kalau pas Minggu atau hari libur lainnya, pengunjung pasti ramai. Ada saja yang kecopetan,” kata dia.

Endang berharap, patroli semacam itu bisa diintensifkan, tak hanya jelang lebaran. “Ya kalau bisa, habis lebaran dan hari-hari biasa pun sering ada patroli, biar kami merasa lebih aman dan nyaman,” harapnya.

Kasat Shabara Polres Kudus, AKP Sukadi, mengatakan sesuai arahan Kapolres Kudus AKBP M. Kurniawan, pihaknya meningkatkan intensitas patroli di tempat-tempat yang menjadi pusat kegiatan masyarakat. Antara lain pasar, maupun pusat perbelanjaan lainnya. 

“Apalagi di Kliwon ini kan ada perputaran uang segar cukup besar, kami perlu memberikan rasa aman kepada masyarakat,” ucapnya.

Menurut dia, dari satuannya terdapat empat tim yang akan sering berpatroli di objek-obejk vital yang ada di Kudus. Masing-masing tim terdiri dari enam personel. “Itu belum ditambah tim dari satuan lainnya,” ujar dia.

Sebelumnya, Kapolres Kudus AKBP M. Kurniawan, mengatakan polisi akan meningkatkan pengamanan terhadap objek-objek vital yang ada di Kudus. Antara lain; bank, SPBU, pegadaian, toko emas, pasar dan pusat
perbelanjaan. “Di tempat-tempat itu kan banyak uang segar yang berputar, itu menimbulkan kerawanan tersendiri,” katanya. (JN04)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...