Jowonews

Logo Jowonews Brown

Polri Benarkan Pertemuan dengan Gubernur Papua

JAKARTA, Jowonews.com — Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Rikwanto membenarkan adanya pertemuan antara Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kepala BIN Komjen Pol Budi Gunawan, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Gubernur Papua Lukas Enembe, menyusul tersebarnya foto pertemuan mereka di internet. “Sebenarnya itu pertemuan internal, bukan untuk diekspos,” kata Rikwanto saat dihubungi, Jumat (15/9) malam.

Kendati demikian, Rikwanto membantah bahwa pertemuan itu membahas sejumlah agenda politik.”Tentang isi pertemuan yang beredar di medsos, itu hoaks,” katanya.

Menurut Rikwanto, sebenarnya pertemuan itu membahas upaya pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Papua. “Itu terkait dengan akan diselenggarakan Pilkada serentak pada 2018, Polri dan BIN memandang perlu dilakukan konsolidasi terutama menyangkut dengan aspek keamanan,” kata Rikwanto.

Menurut dia, sebagai salah satu provinsi dengan kondisi geografis dan budaya yang khas, maka antisipasi dan pencegahan konflik Papua perlu dilakukan sejak jauh-jauh hari.”Polri dan aparat intelijen yang mempunyai kemampuan untuk melakukan deteksi dini dan pencegahan dini atas ancaman wajib untuk menjaga Papua tetap aman. Kapolri dan Kepala BIN tentu saja mempunyai kepentingan terkait situasi keamanan Papua,” katanya.

Pasalnya, sejumlah konflik horizontal yang terjadi di Papua pernah terjadi disebabkan oleh adanya pihak-pihak yang tidak puas terhadap pelaksanaan Pilkada 2017 seperti di Lany Jaya, Intan Jaya dan Puncak Jaya. Sementara hadirnya Gubernur Papua Lukas Enembe dan Irjen Pol Paulus Waterpauw dalam pertemuan tersebut dianggapnya penting sebagai strategi pendekatan putra daerah.

“Dengan pendekatan kultural yang mengedepankan putera daerah, maka diharapkan masyarakat Papua dapat menyambut dan melaksanakan Pilkada serentak pada 2018 dengan baik tanpa terjadi konflik apapun,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...