Jowonews

Logo Jowonews Brown

Polri Hanya Izinkan Aksi 112 di Istiqlal

JAKARTA, Jowonews.com – Polri memberikan izin agenda Aksi 112 untuk dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta dengan diisi Shalat Subuh berjamaah, doa bersama dan khataman Alquran.

“Untuk rencana Aksi 112, hasil koordinasi dengan Forum Umat Islam (FUI), disepakati acara 112 dilakukan di Istiqlal untuk doa bersama,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Rikwanto, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (9/2).

Menurut dia, Mabes Polri akan membantu Polda Metro Jaya untuk mengamankan jalannya Aksi 112 agar berlangsung tertib dan lancar.

“Pihak Polda Metro Jaya akan mengatur jalannya lewat mana dan jalan kembalinya agar tidak menimbulkan kemacetan,” katanya.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat agar beraktifitas normal dan tidak khawatir terhadap rencana Aksi 112.

Sementara terkait rencana aksi turun ke jalan pada 11 Februari, Polri tetap melarang hal tersebut, sebagaimana pernyataan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono yang mengatakan Polda Metro Jaya tidak mengizinkan aksi pengerahan massa turun ke jalan atau “long march” pada 11 Februari 2017.

Hal itu sesuai Pasal 6 UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang menyampaikan pendapat di muka umum yang mengganggu ketertiban tidak diperbolehkan dan Pasal 15 UU Nomor 9 Tahun 1998 maka petugas dapat membubarkan aksi itu.

Argo menuturkan petugas kepolisian memiliki kewenangan untuk membubarkan aksi yang dianggap berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban umum termasuk menjatuhkan sanksi sesuai aturan.(jn22/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...