Jowonews

Logo Jowonews Brown

Praktik Dukun Aborsi di Cilacap Dibongkar Polda Jateng

CILACAP, Jowonews.com – Praktik aborsi di Cilacap berhasil dibongkar oleh Kepolisian Daerah Jawa Tengah. Tiga pelaku ditangkap dalam kejadian ini.

Direktur Reserse Kriminal Polda Jawa Tengah Kombes Pol Gagas Nugraha di Semarang, Jumat (25/11) mengatakan tiga orang ditangkap dalam pengungkapan praktik aborsi tersebut.

Ketiga pelaku tersebut terdiri atas NR (70), dukun urut yang merupakan pemberi jasa aborsi serta MH (44) dan SR (44) warga Rejamulya, Cilacap, yang merupakan pasangan pelaku aborsi. “NR merupakan orang memberikan jasa menggugurkan kandungan, tinggal di Ciamis, Jawa Barat,” katanya.

Menurutnya, peristiwa aborsi tersebut bermula ketika MH hamil setelah menjalin hubungan gelap dengan SR. Peristiwa itu sendiri sudah diketahui oleh warga desa setempat dan dimusyawarahkan untuk diselesaikan.

Belakangan, keduanya justru meminta bantuan NR untuk menggugurkan kandungan MH. “NR memakai cara tradisional untuk menggugurkan kandungan, yakni menggunakan batang sirih,” imbuhnya.

Polisi juga mengamankan batang sirih yang digunakan NR dalam praktiknya. Selain itu, petugas juga membongkar kuburan tempat membuang janin berusia dua bulan itu. Saat ini, lanjut Gagas, penyidik masih mengembangkan kasus tersebut untuk mengetahui kemungkinan adanya korban lain NR.

Perbuatan tersangka dijerat dengan Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan serta pasal 346 dan 348 KUHP tentang aborsi. (jn19/ant)

BACA JUGA  Takut Rusuh, Musancab PDIP Solo Batal 

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...