Jowonews

Logo Jowonews Brown

Probosutedjo Tutup Usia, Akan Dimakamkan di Yogyakarta

JAKARTA, Jowonews.com – Adik kandung mendiang Presiden kedua RI Soeharto, Probosutedjo, meninggal dunia pada usia 87 tahun, Senin (26/3).

“Iya betul meninggal di RSCM pukul 7.05 pagi tadi, informasi dari ibu Titiek,” ujar staf pribadi Siti Hediati Harijadi (Titiek Soeharto), Dina, di Jakarta, Senin.

Dina mengatakan almarhum Probosutedjo saat ini disemayamkan di rumah duka Jakarta di Jl. Diponegoro nomor 20.

Selanjutnya akan dibawa ke Yogyakarta pukul 15.30 WIB untuk dimakamkan di sana.

“Rumah duka Yogyakarta di Museum Pak Harto, Kemusuk – Argomulyo, Bantul. Akan dimakamkan di Pemakaman Gedong, Kemusuk, Bantul Yogyakarta,” ujar Dina.

Sementara itu Ketua DPP Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang mengatakan, Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto kemungkinan akan langsung menuju Yogyakarta untuk menghadiri pemakaman Probosutedjo.

“Saat ini pak Tommy masih di Bali, kemungkinan akan langsung ke Yogyakarta,” kata Badar,.

Badar mengatakan keluarga besar Partai Berkarya mengucapkan turut berdukacita atas wafatnya Probosutedjo yang merupakan adik dari almarhum Soeharto dan mertua Andre Lantang K.

Adik mendiang Presiden RI kedua Soeharto, Probosutedjo, akan dimakamkan tepat disamping makam ayahandanya Atmopawiro di Kompleks Makam Somenggalan, Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul.

“Tepat diapit dua makam, sebelah kanan adalah makam Atmopawiro dan sebelah kirinya makam Kyai Joyowigeno yang merupakan tokoh masyarakat Kemusuk,” kata Pengelola Museum Soeharto, Widarto, saat ditemui di kompeks pemakaman, Senin.

Saat ini di tempat peristirahatan terakhir Probosutedjo masih dilakukan persiapan selagi menunggu kedatangan jenazah serta rombongan keluarga dari Jakarta.

Tenda berwarna putih sudah terpasang di sekitar tempat pemakaman yang tidak jauh dari Museum Soeharto serta jejeran bangku untuk keluarga dan pelayat.

Menurut Widarto, setelah tiba sekitar pukul 16.00 WIB dari Jakarta, ada dua kemungkinan apakah disemayamkan di Museum Soeharto, atau langsung menjalani proses pemakaman di Somenggalan.

Menurut dia, lokasi pemakaman Probosutedjo adalah pilihan pihak keluarga di Jakarta dan keluarga di Kemusuk.

Meski akan dimakamkan di makam para pejuang, rencananya pemakaman Probosutedjo tidak akan dilakukan secara militer.

Makam Somenggalan Yogyakarta adalah tempat pemakaman pejuang dan rakyat yang gugur dalam perang kemerdekaan II 1948-1949.

Probosutedjo meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo pada pukul 7.05 WIB pagi tadi dan Selanjutnya akan dibawa ke Yogyakarta pukul 15.30 WIB.(jwn4/ant)

 

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...