Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Produksi Kopi di Jateng Merosot

SEMARANG, Jowonews.com – Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) menyatakan produksi kopi di Jawa Tengah mengalami penurunan. Ketua AEKI Jawa Tengah Mulyono Susilo mengatakan penurunan produksi kopi ini juga terjadi di hampir semua daerah penghasil kopi di Indonesia.

“Kondisi ini pada akhirnya berdampak pada penurunan produksi. Kondisi ini terjadi di hampir seluruh daerah penghasil kopi salah satunya Jawa Tengah,” katanya di Semarang, Rabu (12/4).

Mulyono mengatakan untuk produksi kopi Jawa Tengah pada tahun lalu mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Data dari AEKI menunjukkan jika pada tahun 2015 produksi kopi di Jawa Tengah mencapai 24.000 ton, sedangkan tahun 2016 turun menjadi 12.000-14.000 ton.

Meski demikian, pihaknya memprediksi pada tahun ini volume produksi dapat membaik di angka 20.000-21.000 ton. Optimisme tersebut mengingat cuaca pada tahun ini lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Untuk diketahui, dari total produksi kopi di Jawa Tengah tersebut, hanya 40 persen yang diekspor sedangkan sisanya untuk konsumsi lokal. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Produksi Kopi Diprediksi Meningkat 35 Persen

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...