Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Produksi Lelang Ikan TPI Pekalongan Merosot

PEKALONGAN, Jowonews.com– Tempat Pelelangan Ikan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, khawatir produksi lelang ikan anjlok terkait terjadinya pendangkalan lumpur di muara pelabuhan setempat.

Kepala TPI Kota Pekalongan, Sugiyo mengatakan bahwa pendangkalan lumpur pelabuhan ini berpotensi menimbulkan kapal besar enggan mendarat dan melelangkan hasil tangkapan ikannya di TPI.

“Jika pendangkalan lumpur pelabuhan ini dibiarkan maka kapal besar nelayan bakal memilih membongkar hasil tangkapannya di TPI lain. Hal ini jelas berpengaruh terhadap produksi lelang ikan di TPI,” katanya.

Ia mengatakan untuk mengatsi masalah pendangkalan pelabuhan ini memang memerlukan proses panjang dan perlu dilakukan pengerukan.

Kendati demikian, pengerukan lumpur di muara pelabuhan ini menjadi kewenangan Pelabuhan Perikanan Nasional Pekalongan sebagai kepanjangan pemerintah pusat.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Pekalongan, Imam Menuharun mengatakan terjadinya penadngkalan lumpur di muara pelabuhan mengakibatkan para nelayan harus menambah biaya operasionalnya untuk menyewa kapal penarik agar kapal mereka bisa keluar masuk ke muara pelabuhan.

“Tentunya, dengan kondisi pendangkalan lumpur ini, para nelayan yang merugi karena biaya menarik kapal ke muara pelabuhan tidak masuk biaya perbekalan. Para nelayan menanggung biaya sendiri untuk menyewa kapal penarik,” imbuhnya.

Ia menambahkan para nelayan harus rela mengeluarkan tambahan biaya tarik Rp300 ribu untuk sekali tarik kapal ke muara pelabuhan.(jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...