Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Progres Pengembangan Bandara Ahmad Yani Sesuai Jadwal

SEMARANG, Jowonews.com — PT Angkasa Pura I (Persero) menyebutkan progres pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

“Sampai saat ini pelaksanaan proyek masih sesuai jadwal, bahkan untuk progres paket tiga dan paket empat mengalami deviasi positif di atas rencana,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi saat menerima kunjungan kerja anggota Komisi VI DPR RI di Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang, Kamis.

Ia mengungkapkan, dari lima paket pekerjaan pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani untuk paket satu yang meliputi lahan dan akses, serta paket kedua meliputi apron dan “exit taxiway” sudah selesai 100 persen, sedangkan saat ini masih dalam tahap pengerjaan kontruksi untuk paket tiga.

Paket tiga yang dimaksud meliputi pembangunan gedung terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani yang sesuai perjanjian kontrak akan selesai pada November 2018, sedangkan target pengoperasian bandara secara fungsional pada Juni 2018.

“Sehingga pada mudik Lebaran 2018, (Bandara Internasional Ahmad Yani) bisa difungsikan, dengan catatan sudah mendapatkan verifikasi dari Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

Faik menjelaskan, pengembangan Bandara Internasion Ahmad Yani akan menunjang peningkatan pembangunan di Provinsi Jateng karena saat ini kondisi bandara eksisting di terminal penumpang maupun kargo sudah melebihi kapasitas.

Dengan adanya pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani ini, kapasitas terminal penumpang akan meningkat 5-6 kali lipat, sedangkan luasan terminal kargo yang sebelumnya 774 meter persegi menjadi 2.048 meter persegi atau meningkat hampir tiga kali lipat.

“Kapasitas terminal penumpang bandara saat ini 800 ribu per tahun. Setelah adanya pengembangan, terminal bandara diperluas menjadi sekitar 58 ribu meter persegi dan mampu menampung sebanyak 7 juta penumpang per tahun,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...