Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Purbalingga Luncurkan Sepeda Motor Listrik Bralink EV-1 Buatan Siswa SMK

Motor Listrik Purbalingga

PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga telah meluncurkan model sepeda motor listrik Purbalingga bernama Bralink EV-1. Uniknya, sepeda motor listrik merupakan hasil karya anak-anak SMK.

Upacara Peluncuran Sepeda Motor Listrik Bralink EV-1 dilakukan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi bersamaan dengan pembukaan Purbalingga Expo 2022 di Kompleks Gelanggang Olahraga Goentoer Darjono, Purbalingga pada Kamis malam, (15/12/2022.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa prototype sepeda motor listrik ini merupakan salah satu inovasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga .

“Jadi ternyata kita tidak kalah dengan kabupaten lain karena ternyata Purbalingga mampu memproduksi sepeda motor listrik asli buatan Kabupaten Purbalingga,” ujarnya.



Menurutnya, pembuatan prototipe sepeda motor listrik Purbalingga merupakan bagian dari program Kementerian Perindustrian.

Dalam hal ini, kata dia, sudah saatnya beralih dari transportasi konvensional berbahan bakar fosil ke transportasi listrik.

Oleh karena itu, pihaknya berharap Kemenperin terus membantu Purbalingga mengembangkan sepeda motor listrik ini.

“Untungnya ada bantuan dari pusat, sehingga Purbalingga ke depan terus semangat memproduksi sepeda motor listrik untuk Indonesia, untuk masyarakat,” kata bupati.

Menurutnya, hal itu karena sepeda motor listrik buatan Purbalingga diproduksi langsung oleh para penggiat industri kecil menengah (IKM).

“Langsung asli dibuat oleh siswa SMK, jadi benar-benar hasil kreativitas mereka, kebetulan didampingi oleh PT Rainbow Moto Builder,” ujarnya.



Sementara itu, Ketua Panitia Purbalingga Expo 2022 Suroto mengatakan sepeda motor listrik Bralink EV-1 hadir di kompleks industri logam milik pemerintah Kabupaten Purbalingga di wilayah Sayangan.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Purbalingga mengatakan, pada pameran ini juga diresmikan 176 inovasi, termasuk peluncuran sepeda motor listrik produksi Purbalingga.

BACA JUGA  Kasus "Stunting" di Purbalingga Alami Penurunan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...