Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Purbalingga Raih Penghargaan Peduli HAM

PURBALINGGA, Jowonews.com – Kabupaten Purbalingga meraih penghargaan sebagai salah satu daerah yang peduli terhadap Hak Azazi Manusia (HAM) terutama dalam pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dasar warganya.

“Penghargaan diberikan kepada Purbalingga karena dinilai sebagai kabupaten yang telah peduli terhadap kebutuhan-kebutuhan dasar warganya,” kata Kabag Hukum dan HAM Pemkab Purbalingga, Tavip Wuryanto di Purbalingga, Kamis (8/12).

Dia menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan pada acara Peringatan Hari Hak Azazi Manusia ke-68 tahun 2016.

“Kabupaten Purbalingga mendapatkan penghargaan kabupaten peduli HAM bersama 238 kabupaten/kota se-Indonesia,” katanya.

Penghargaan tersebut, kata dia, langsung diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Penghargaan tersebut diterima oleh Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning di gedung Grahadi,” katanya.

Dasar penilaian, tambah dia, berdasarkan pada Permenkumham RI nomor 25 tahun 2013 tentang perubahan atas Permenkumham Nomor 11 tahun 2013 tentang Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM.

“Dari penilaian Kemenkumham, Kabupaten Purbalingga memperoleh total nilai 88,75 dari lima kelompok hak dan 31 indikator,” katanya.

Lima hak tersebut, kata dia, meliputi hak hidup, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, hak atas rasa aman dan hak perempuan.

“Dengan penghargaan yang diterima tentunya sebagai warga Purbalingga patut bersyukur, dikarenakan Purbalingga mendapatkan ranking ke delapan se-Jawa Tengah,” katanya.

Dia menambahkan, untuk mendukung kegiatan tersebut Bagian Hukum dan HAM, pada tahun 2016 juga telah melakukan penyuluhan di lima Kecamatan yakni Bukateja, Karangmoncol, Purbalingga, Karangreja dan Bojongsari.(jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...