Jowonews

Logo Jowonews Brown

Puting Beliung Porakporandakan Rumah dan Tumbangkan Pohon di Wonogiri

WONOGIRI, Jowonews.com – Angin puting beliung memporakporandakan rumah dan pohon di tujuh wilayah Kecamatan di Kabupaten Wonogiri pada Minggu sore (29/1/2017) kemarin.Kecamatan yang dilanda angin puting beliung tersebut adalah Wonogiri Kota, Sidoharjo, Pracimantoro, Wuryantoro, Giriwoyo dan Purwantoro.

Akibat bencana tersebut, setidaknya puluhan pohon tumbang, sejumlah tiang listrik patah, seorang luka ringan tertimpa pohon, dan empat rumah warga rusak.”Tidak ada korban jiwa. Tapi ada satu keluarga terdiri atas lima jiwa yang mengungsi,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri Bambang Haryanto kepada wartawan.

BPBD telah menurunkan tim siaga bencana di wilayah kecamatan masing-masing. Mereka bersama tim SAR, para relawan dari Forum Pengurangan Bencana (FRB) dan dari BPBD Kabupaten Wonogiri, segera bertindak membantu korban, termasuk menyingkirkan pohon tumbang yang melintang jalan, untuk tujuan segera memuka kembali hubungan darat yang macet.

Akibat puting beliung tersebut, penanganan darurat di lokasi bencana ini dikoordinasikan dengan pamong desa bersama masyarakat, dibantu personel dari Koramil dan Polsek.”Kami juga memberikan bantuan logistik untuk korban,” ujar Bambang.

Selain itu, untuk kerusakan jaringan listrik, tambah Bambang, telah dikoordinasikan dengan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) setempat.

Di Kecamatan Purwantoro, bencana puting beliung melanda di dua dusun di Desa Gondang. Pohon tumbang di Dusun Pagersari, telah menyebabkan pengendara sepeda motor Parjo (35) mengalami luka-luka. Korban segera diobatkan ke rumah sakit Purwantoro.

Sementara di Kecamatan Selogiri, puting beliung yang datang disertai hujan tersebut, menyebabkan empat pohon tumbang melintang jalan dan empat tiang listrik patah. Lokasinya berada di Dusun Josari, Sumber dan Serut di Desa Pare, serta di Dusun Kepatihan Desa Jendi.

Di Kecamatan Wonogiri Kota, pohon tumbang terjadi di Lingkungan Donoharjo dan Lingkungan Keron di Kalurahan Wuryorejo. Menimpa gudang kayu, memutuskan jaringan listrik dan melintang jalan.

Kejadian pohon tumbang memutuskan jaringan listrik, juga terjadi di Dusun Kerawat RT 1/RW 2 Desa Tempursari, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri.

Dari Kecamatan Pracimantoro, pohon tumbang merusak rumah milik Giyar (45) di Dusun Mlangse, dan rumah milik Sutiman (55) di Dusun Bendungan, semuanya dalam wilayah Desa Tubakarto.

Tiga rumah rusak karena tertimpa pohon tumbang, terjadi di Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Terdiri atas rumah milik Slamet (56) dan Katimin (55) di Desa Gumiwanglor, dan rumah Sutini (50) di Desa Genukharjo.

Selain itu di Kecamatan Giriwoyo, merusak rumah milik Sumin (55) di Dusun Ketro, Desa Guwotirto. (jn03)

 

 

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...