Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Rambu Akses Masuk Tol Solo-Ngawi Mulai Disiapkan

SOLO, Jowonews.com – Rambu-rambu lalu lintas mulai disiapkan oleh Pemkot Surakarta untuk mempermudah kendaraan yang hendak menuju akses maju Jalan tol Solo-Ngawi pada arus mudik Lebaran nanti. Ini seiring dengan akan dibukanya sebagian Jalan Tol Solo-Ngawi untuk pemudik. Ruas jalan yang menjadi akses masuk jalan tol tersebut diantaranya Jalan Pakel, Jalan Adi Soemarmo dan Jalan Letjen Suprapto.

“Rambu Pendahulu Penunjuk Jalan (RPPJ) dan petugas gabungan akan difokuskan di sekitar ketiga ruas jalan itu. Petugas bakal disiagakan selama Tol Solo-Ngawi beroperasi, serta dibagi dalam dua shift,” kata Kanit Lalu Lintas Dishubkominfo Pemkot Surakarta, Sri Baskoro, Jumat (10/6).

Menurutnya, RPJJ tersebut ditempatkan mulai persimpangan Ngasem, Kartasura, guna memandu pemudik dari arah barat. Rambu tersebut juga akan dipasang di kawasan Kleco, yang menjadi pintu masuk Kota Solo dari arah yang sama. Pemasangan rambu dilakukan sejak H-12 hingga H+7 Lebaran.

“Ya biasanya pemudik dari Jabar atau DIY, memilih masuk Solo untuk melanjutkan perjalanan ke Ngawi, Madiun atau wilayah Jatim lainnya. Dengan dioperasikannya Tol Solo-Ngawi saat arus mudik dan balik Lebaran mendatang, kami ingin mengarahkan mereka sejak pintu masuk Solo di Makutha dan Kleco,” terangnya.

Jalan Tol Solo-Ngawi bakal dioperasikan mulai 29 Juni (H-7 Lebaran) hingga 13 Juli (H+7 Lebaran), sebagai salah satu alternatif jalur mudik dan balik. Saat arus mudik, arus kendaraan di jalan bebas hambatan tersebut akan bermula di Klodran (Karanganyar) serta berakhir Pungkruk, Sidoharjo (Sragen) dan Kemiri (Karanganyar).

Hanya kendaraan roda empat bertonase kecil, seperti mobil pribadi atau minibus, yang diizinkan melintas. Waktu operasional jalan tol pun dibatasi, yakni pukul 06.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB, lantaran ketiadaan fasilitas penerangan jalan. Jalan tol Solo-Ngawi yang dibuka sebagai jalur alternatif itu sepanjang 25 kilometer dan akan dilakukan uji coba rencananya H-10 Lebaran. (jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...