Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ratusan Pedagang BKT Semarang Tolak Relokasi

SEMARANG, Jowonews.com — Sekitar 500 pedagang yang menempati bantaran Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) Semarang menolak rencana relokasi yang dilakukan seiring dengan proyek normalisasi sungai tersebut dalam waktu dekat.

“Secara prinsip, kami mendukung 100 persen normalisasi Sungai BKT. Akan tetapi, kami menolak direlokasi,” kata Ketua Paguyuban Pedagang Karya Mandiri Barito Blok A-H, Rahmat Yulianto, di Semarang, Kamis (31/8).

Menurut dia, para pedagang Barito, demikian kawasan perdagangan itu biasa disebut, meminta solusi kepada pemerintah mengenai banyak persoalan apabila direlokasi ke Pasar Klithikan Penggaron, Semarang.

Ia menyebutkan setidaknya ada 500 pedagang yang menempati Blok A-H di sepanjang Jalan Barito, mulai Jembatan Kartini hingga Jalan Majapahit dengan berbagai jenis usaha, mulai onderdil mobil, ban, hingga besi.

Jumlah itu belum termasuk pedagang yang ada, mulai Jembatan Kartini hingga kawasan Kaligawe yang selama ini banyak ditempati pedagang, mulai aksesoris dan onderdil sepeda motor, hingga perkalengan.

“Kami sudah berkomitmen. Pertama, kami tidak akan menghalangi proyek normalisasi Sungai BKT. Kedua, dari awal kami mengharapkan Blok A-H tidak direlokasi karena tidak terdampak secara langsung,” katanya.

Selama ini, Barito sudah menjadi ikon perdagangan di Kota Semarang yang dikenal luas sampai luar daerah sehingga sebaiknya jangan direlokasi, melainkan ditata menjadi pasar modern yang menarik sebagai destinasi.

Mengenai proyek normalisasi Sungai BKT, kata dia, hingga sekarang ini pihaknya siap membantu pemerintah, termasuk mengorbankan enam kios pedagang yang dibongkar untuk akses keluar masuk alat-alat berat.

“Sudah kami siapkan (akses masuk alat berat, red.). Jadi, kami tidak akan menghambat ataupun menghalangi normalisasi. Normalisasi dan relokasi harus dibedakan, kecuali tempat kami terkena langsung,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...