Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ratusan Petani Pati Demo Tolak Impor Beras

PATI, Jowonews.com — Ratusan petani dari Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Senin (22/1), menggelar aksi unjuk rasa untuk menolak kebijakan impor beras karena mereka khawatir menurunkan harga jual beras di pasaran sehingga merugikan petani.

Mereka yang melakukan aksi unjuk rasa di Alun-Alun Pati itu juga mengusung sejumlah poster bertuliskan “Ada apa di balik impor beras? Petani Kecamatan Sukolilo tolak impor beras, ayo ramai-ramai tolak kebijakan yang menyengsarakan petani”.

“Kami sangat khawatir jika kebijakan impor benar-benar direalisasikan karena saat ini tengah memasuki musim panen,” kata peserta aksi Sukardi.

Menurut dia, Pemerintah seharusnya berpihak kepada petani karena pemerintah juga menginginkan terwujudnya swasembada beras.

Beredarnya informasi soal wacana impor, kata dia, bisa membuat tekanan psikologis kepada tengkulak beras sehingga mereka juga bisa menurunkan tawaran harga jual gabah petani dengan alasan karena adanya kebijakan impor beras yang biasanya diikuti penurunan harga jual beras.

Tanpa harus melalui impor, kata dia, ketika memasuki panen raya, harga jual gabah secara otomatis juga akan turun secara bertahap.

Ia berharap Pemerintah meninjau kembali kebijakan impor beras karena dengan alasan apa pun waktunya tidak tepat karena petani sedang mengawali musim panen.

Bambang, petani lainnya, menambahkan bahwa Kabupaten Pati tidak membutuhkan adanya impor beras karena menjadi salah satu daerah penyangga pangan di Jateng.

Untuk Kecamatan Sukolilo saja, kata dia, hasil panennya bisa mencapai 80.000 ton gabah kering panen.

“Jika Pemerintah memaksakan mengimpor beras, lantas beras yang dihasilkan petani hendak dijual ke mana?” ujarnya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...