Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ratusan Rumah di Cilacap Terendam Banjir Rob

CILACAP, Jowonews.com – Ratusan rumah di Kelurahan Tegalkamulyan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, terendam banjir rob akibat jebolnya tanggul penahan gelombang Teluk Penyu, kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy.

“Banjir rob yang melanda Kelurahan Tegal Kamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, terjadi pada pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB dengan ketinggian air mencapai 60 centimter,” katanya di Cilacap, Rabu.

Menurut dia, banjir rob yang merupakan siklus bulanan atau tahunan itu menjebol tanggul penahan gelombang yang terkena abrasi sehingga air pasang tersebut masuk ke pemukiman maupun areal persawahan.

Kendati mengakibatkan terjadinya pengungsi, dia mengatakan tidak ada korban jiwa akibat banjir rob tersebut.

“Pengungsi untuk sementara ditampung di Balai RW 04 dan sedang dipersiapkan dapur umum. Kami masih mendata jumlah pengungsi dan kerugian material karena evakuasi masih berlangsung,” katanya.

Menurut dia, masyarakat menginginkan adanya penguatan tanggul Teluk Penyu yang terkena abrasi sebagai solusi untuk mengantisipasi agar air pasang tidak lagi masuk ke pemukiman sehingga mengakibatkan banjir rob.

Salah seorang warga Kelurahan Tegalkamulyan RT 03 RW 08, Mujinem mengatakan siklus air pasang yang terjadi kali ini merupakan yang terparah karena mengakibatkan banjir rob. “Biasanya tidak pernah sampai rumah, tapi kali ini merendam rumah-rumah warga,” katanya. (jn03/ant)

BACA JUGA  Pantura Banjir Rob, Kepala Daerah Diminta Bantu Masyarakat Terdampak

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...