Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ratusan Seniman Reog Dukung Rudy-Purnomo

SOLO, Jowonews.comRatusan seniman reog Ponorogo di Kota Solo mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota, FX Hadi Ruyatmo-Achmad Purnomo, Minggu (22/11).

Dengan membawa rombongan kesenian lengkap dengan Dadak Merak dan seperangkat alat musik mereka berjalan dari mulut gang menuju ke kediaman Rudy yang berada di Pucang Sawit, Jebres.

Pengurus Paguyuban Reog Surakarta, Eko “Belang” Sardono mengatakan, para seniman reog sepakat untuk memberikan dukungan penuh bagi pasangan nomor urut dua tersebut. Karena Rudy dianggap memiliki komitmen dalam melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional tersebut.

“Terlihat dari upaya Pak Rudy dengan membuat festival agar reog tetap lestari dan tidak hilang digerus zaman. Selain itu, saat ada klaim dari Malaysia, Pak Rudy berinisiatif dengan menggelar acara untuk menunjukkan bahwa reog merupakan seni tradisional asli Indonesia dan bukan milik negara tetangga,” ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, ia berharap dengan adanya dukungan dari para seniman reog, Rudy bisa memenangkan pilkada 9 Desember mendatang dan kembali menjadi Walikota Solo.

“Kami yakin dibawah kepimpinan Pak Rudy yang juga menjadi pembina Paguyuban Reog Surakarta, kesenian reog akan terus berkembang dan seniman reog tidak hanya sekedar menjadi pengamen. Karena beliau adalah sosok yang merakyat, tahu keluhan dan masalah yang dihadapi para seniman reog,” imbuhnya.

Eko menambahkan, dalam deklarasi tersebut ia membawa 200-an seniman reog dari wilayah eks-Karesidenan Surakarta. Saat ini sendiri, lanjutnya, terdapat 22 grup reog yang ada di Surakarta, dimana 13 grup diantaranya berasal dari Kota Solo.

Sementara itu, Rudy mengaku senang dengan dukungan yang diberikan para seniman reog kepada dirinya. Ia mengakui, memang memiliki perhatian tersendiri terhadap kesenian reog.

Meski bukan kesenian yang berasal dari Solo, namun dengan berkembangnya Reog di Kota Solo memiliki multiflyer effect. (JN01/JN03)

BACA JUGA  Solo Mulai Disekat, Pengendara Diperiksa

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...