Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ratusan Warga Berebut Gunungan Kirab Hari Jadi Banjarnegara

BANJARNEGARA, Jowonews.com – Kirab Hari Jadi ke-185 Kabupaten Banjarnegara berlangsung, Senin (22/8) sangat meriah. Ratusan warga dari berbagai wilayah Banjarnegara berebut gunungan hasil bumi yang dikirab tersebut.

Sebanyak tujuh gunungan hasil bumi berupa padi, salak, sayuran, ketela, dan jajanan pasar diarak dari Jalan Pemuda depan Gedung DPRD Banjarnegara menuju Jalan Dipayuda guna mengiringi Kirab Panji Lambang Daerah. Sesampainya di Jalan Dipayuda, tujuh gunungan hasil bumi itu diperebutkan oleh ratusan warga yang menyaksikan prosesi kirab tersebut. Warga rela berdesak-desakan berebut hasil bumi yang disusun pada gunungan itu demi mendapatkan berkah

Salah seorang warga Purwonegoro, Mardiyah mengaku sengaja datang dari wilayah barat Banjarnegara selain untuk menyaksikan kirab juga ingin mendapatkan hasil bumi dari gunungan yang diperebutkan itu. “Padi yang saya peroleh ini nantinya akan dijadikan sebagai bibit dengan harapan tanaman padinya tumbuh subur dan hasilnya berlimpah,” katanya.

Warga lainnya yang berasal dari Desa Manggisari, Kecamatan Mandiraja, Maryati mengharapkan Kabupaten Banjarnegara semakin makmur dan rakyatnya sejahtera.
Oleh karena itu, dia mengaku sengaja mengambil padi dari gunungan yang diperebutkan. “Buliran padi ini akan saja jadikan bibit untuk ditanam agar hasilnya melimpah, Banjarnegara semakin makmur, dan rakyatnya menjadi sejahtera,” imbuhnya.

Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo mengatakan gunungan hasil bumi merupakan simbol kemakmuran. Hal itu disebabkan gunungan dibuat dari berbagai hasil bumi asli Banjarnegara seperti padi, salak, singkong, ketela, dan sayuran. “Gunungan itu diperebutkan agar masyarakat bisa turut merasakan kemakmuran Banjarnegara,” tandasnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...