Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ravik: UNS Fokus Pada 3 Konsepsi

SURAKARTA, Jowonews.com– Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Prof Dr. Ravik Karsidi, MS menyatakan saat ini ada tiga konsepsi yang akan menjadi perhatian UNS di tahun-tahun ke depan.

“Ketiga konsepsi tersebut adalah World Class University (WCU), Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) dan Hilirisasi,” kata Ravik Karsidi dalam upacara menyambut Lustrum ke 8 UNS 2016, di halaman Rektorat UNS, Kentingan, Solo, Kamis.

Ia mengatakan ketiga konsep tersebut itu saling mendukung di mana WCU adalah ruhnya yang berisi kualitas akademik dan manajemen UNS berkelas dunia, sedangkan PTN BH adalah kendaraan atau wadah organisasi yang menaungi WCU, dan hHilirisasi adalah relevansi kemajuan berupa manfaat hasil pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat untuk pengembangan industri dan kesejahteraan masyarakat.

Ravik mencontohkan produk terkait baterai, mobil dan sepeda motor listrik telah dikenal secara nasional, smart material temuan UNS juga telah dipesan beberapa pabrik otomotif kelas dunia, rumput yang ada menghampar di UNS, Javanologi dan produk lainnya akan menjadi incaran perusahaan dan industri nasional internasional.

“Kita terus bekerja dan terus meneliti, sehingga UNS akan menjadi pusat inovasi Indonesia dan dunia,” katanya.

Dia menambahkan penghargaan “Green Campus Award” juga diberikan kepada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebagai peringkat pertama, Fakultas Teknik sebagai peringkat kedua dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebagai peringkat ketiga.

Ia mengatakan pemberian penghargaan Green Campus kepada fakultas berdasarkan komitmen dalam aspek infrastruktur, transportasi, pengelolaan limbah, konservasi sumberdaya air, pendidikan dan aspek penghematan energi.

Pemberian penghargaan kategori mahasiswa berprestasi juga diberikan kepada juara kategori Non Editing pada Commercial Movie Category Non Editing Gatsby Award 2015 ke 10 yang digelar di Tokyo Jepang, masing-masing Singgih Nugroho dan Muhammad Nanda Satrio.

Penghargaan juga diberikan Tim Bengawan II yang menjadi Juara II kategori Urban Diesel pada Shell Eco-marathon Asia 2016 di Manila, Philipina, yang anggota timnya terdiri atas Muhammad Andi Anzi, Vidi Fajri Herwanda, Rifki Dwi Putranto, Bayu Sutanto, Krisna Eka Kurniawan, Nur Anisa dan Genta Praha Picaso. “Tim Bengawan tersebut merupakan mahasiswa Fakultas Teknik,” jelasnya.

BACA JUGA  UNS Kembangkan Pepaya Cikita di Karanganyar

Selain itu, lanjutnya, penghargaan juga diberikan kepada Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita UNS yang berhasil meraih Juara IV kategori Folk Songm Peringkat VI Kategori Classic dan juara Favorit Publikumspreis. Kejuaraan itu adalah Internationaler Chorwettbewerb Spittal an der Drau in Austria. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...