Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Rekomendasi Wisata Kudus Di Momen Liburan Tahun Baru

Wisata Kudus

Banyak orang memanfaatkan libur tahun baru untuk pergi berlibur bersama keluarga. Beberapa tempat wisata Kudus, Jawa Tengah ini mungkin bisa menjadi salah satu destinasi liburan tahun barumu saat berada di Kota Kretek ini.

Empat Rekomendasi Wisata Kabupaten Kudus
Bukit Sepuser
Bukit Sepuser Kudus
Bukit Sepuser Kudus

Kawasan Wisata Bukit Sepuser terletak di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kudus. Daya tarik wisata ini adalah pemandangan alam sangat indah dari ketinggian. Suasana khas udara pegunungan alami yang sangat segar membuat tempat wisata ini semakin digemari oleh berbagai kalangan.

Tiket masuk kawasan Bukit Sepuser hanya 2000 rupiah saja. Namun, untuk wisata berkemah harganya berbeda.



Taman Pijar
Pijar Park Kudus
Pijar Park Kudus. Foto dok. anitha_setya19

Taman Pijar merupakan wisata alam hutan pinus dengan pemandangan yang menawan dan indah dengan udara sejuk yang segar. Taman Pijar terletak di lereng gunung Muria di desa Kajar, kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Destinasi wisata ini sangat cocok untuk berwisata keluarga. Di sana, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam pegunungan yang sangat indah dengan spot foto yang cantik. Ada juga taman bermain atau arena bermain khusus untuk anak-anak.

Bagi yang suka kulineran, Di Taman Pijar juga tersedia puluhan UMKM yang menjajakan dagangannya. Selain itu, terdapat restoran yang menyajikan menu premium dengan perpaduan menu makanan lokal, seperti getuk kajar dan aneka olahan kopi Tjolo.

Wisatawan juga bisa bermalam, baik menggunakan tenda-tenda yang disediakan pengelola atau di pondok-pondok glamping yang ciamik.

Harga tiket masuk objek wisata ini sangat terjangkau dengan beragam fasilitas yang ditawarkan yaitu Rp 15.000 dan tempat parkir Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Museum Kretek
Museum Kretek Kudus
Museum Kretek Kudus

Museum Kretek Kudus merupakan wisata edukasi yang terletak di desa Getaspejaten, kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Jika berangkat dari pusat kawasan Simpang Tiga Kudus, bisa ditempuh sekitar 10 menit.

BACA JUGA  Ragam Aktivitas Seru Saat Berkunjung Ke Kota Lama Semarang

Tempat wisata yang dikelola pemerintah Kabupaten Kudus ini memiliki ratusan koleksi yang menceritakan kisah kretek di Kudus.

Museum Kretek memiliki banyak koleksi sejarah kretek mulai dari rokok, alat tembakau, pendiri pabrik tembakau di Kudus, produk tembakau dari masa ke masa.

Tidak hanya eksplorasi sejarah, tapi juga kolam renang anak. Ada juga replika rumah adat Kudus di kompleks taman.

Saat berkunjung ke Museum Kretek, wisatawan harus membayar harga tiket masuk Rp 4.000 untuk hari biasa dan Rp 5.000 untuk hari libur. Harga tiket masuk ini hanya untuk perorangan.



Museum Situs Purbakala Patiayam
Museum Situs Purbakala Patiayam

Museum Situs Purbakala Patiayam terletak di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Seperti namanya, museum ini menyimpan ribuan koleksi situs sejarah kuno di kawasan perbukitan Patiayam.

Di ruang pameran terdapat berbagai jenis fosil hewan purba yang dapat dilihat wisatawan. Mulai dari gading purba, fragmen kerang purba, kerbau purba hingga beberapa fosil lainnya.

Replika utuh kerangka manusia dan gajah purba juga dipamerkan. Ada juga penjelasan dan pemandu wisata dari pegawai museum, yang dapat membantu menginformasikan koleksi Museum Purbakala Patiayam.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...