Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

PSKQ Kudus Gelar Pameran Seni Rupa dan Kaligrafi “Berkah Ramadan”

Pameran Seni Rupa

KUDUS – Di bulan Ramadan yang penuh berkah, Pesantren Seni Rupa & Kaligrafi Al-Qur’an (PSKQ) Kudus berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus menggelar pameran seni rupa dan kaligrafi bertajuk “Berkah Ramadan”. Pameran ini berlangsung selama sepekan, mulai 26 Maret hingga 2 April 2024, di Museum Kretek Kudus.

Penjabat Bupati Kudus Muhammad Hasan Chabibie mengapresiasi penyelenggaraan pameran tersebut. Menurutnya, karya-karya kaligrafi yang dipamerkan semakin memperkaya makna bulan suci Ramadan.

“Lukisan dan kaligrafi yang dihadirkan sangat sesuai dengan tema ‘Berkah Ramadan’,” ujar Hasan. “Semoga pameran ini dapat membawa hidayah bagi kita semua.”

Hasan menilai, karya seni dan kaligrafi memiliki makna yang mendalam, hasil dari kontemplasi diri para seniman. Oleh karena itu, karya seni dapat menyentuh sisi terdalam hati seseorang.

“Setiap karya seni pasti punya makna yang mendalam, baik itu dari pengalaman, kontemplasi, maupun pemikiran,” tuturnya.

Hasan juga menyebut bahwa pameran seni rupa dan kaligrafi ini dapat menjadi pilihan masyarakat untuk “ngabuburit” atau menghabiskan waktu menjelang buka puasa. Kegiatan ini juga menjadi bukti kekayaan khazanah seni rupa di Kabupaten Kudus.

“Masyarakat bisa datang ke sini untuk ngabuburit sekaligus menikmati keindahan seni rupa dan kaligrafi yang dipamerkan,” paparnya.

Perwakilan PSKQ Muhamad Assiry mengungkapkan, pameran kali ini berkolaborasi dengan Sanggar Omah Kayu. Sebanyak 200 karya seni dipamerkan, dengan tujuan untuk menambah edukasi wisata seni religi di bulan Ramadan dan mensyiarkan seni Islam.

“Semoga pameran kaligrafi di bulan Ramadan ini semakin berkah,” pungkasnya.

Foto Dok. Jateng Pos

BACA JUGA  Sejumlah Pengusaha Kecil di Kudus Keluhkan Peredaran Rokok Ilegal

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...