Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Relokasi Rutan Kelas IIb Boyolali akan Segera Dilakukan

BOYOLALI, Jowonews.com – Relokasi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIb Boyolali yang ditandai dengan peletakan batu pertama pada Sabtu (9/12) tahun lalu oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia, Yasonna Laoly, Bupati Seno Samodro kembali dilanjutkan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Boyolali kembali mengalokasikan anggaran mencapai Rp 7,9 miliar di tahun 2018.

Anggaran ini untuk melanjutkan relokasi Rutan yang berlokasi di Dusun Masahan, Kelurahan/Kecamatan Mojosongo ini pada lahan seluas 14.300 meter persegi.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Tuang (DPU-PR) Kabupaten Boyolali Arief Gunarto menjelaskan, anggaran tersebut meneruskan pembuatan pagar. Dengan kelanjutan pembangunan ini untuk membangun pagar keliling setinggi 6 meter.

“Konstruksi cor dengan panjang 92 meter keliling. Targetnya bisa selesai pada tahun ini,” terang Arief pada Rabu (17/1).

Selain membangun pagar beton, tahun ini juga melanjutkan pembangunan hunian rutan blok laki-laki. Bangunan untuk hunian ini luas bangunannya mencapai 1.072 meter persegi.

Selain itu juga blok wanita dan dua blok lagi untuk laki-laki akan diteruskan tahun anggaran berikutnya. Diharapkan rutan ini bisa menampung 480 warga binaan laki-laki dan 15 wanita.

“Ini (pembangunan gedung) sesuai dengan Kepmen Kehakiman dan HAM RI (Keputusan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia),” imbuhnya.

Selain bangunan hunian warga binaan, Rutan juga akan dilengkapi dengan ruang Balai Latihan Kerja (BLK), Poliklinik, serta tempat-tempat ibadah. “Direncanakan pembangunannya baru selesai pada akhir 2019. Karena pembangunannya dilakukan secara bertahap,” katanya.

Relokasi Rutan Boyolali dari Jalan Merbabu ke wilayah Mojosongo ini mengingat kapasitas rutan overload. Rutan Boyolali yang seluas 184 meter persegi hanya dihuni 38 orang, namun jumlah penghuni saat ini lebih dari 150 orang warga binaan. (JWN3)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...