Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Resmi, Kota Lama dan Tiga Kawasan Lainnya di Semarang Ditetapkan Jadi Warisan Cagar Budaya Nasional

SEMARANG, Jowonews.com – Kawasan Kota Lama Semarang resmi ditetapkan menjadi warisan Cagar Budaya Nasional oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia).

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota tim ahli cagar budaya nasional, Junus Satrio Atmodjo saat mengisi acara diskusi cagar budaya, di Gedung Marabunta Kota Lama Semarang, Selasa (17/9/2109).

“Bulan Agustus kemarin sudah di tetapkan kota lama ini menjadi salah satu warisan cagar budaya nasional, saya sendiri yang memimpin rapatnya, katanya.

Selain Kota Lama, lanjutnya, penetapan warisan Cagar Budaya ini juga melingkupi kawasan Pecinan, Kampung Arab, Kampung Melayu di Kota Semarang.

“Memang dalam penetapan cagar budaya ini semua aspek harus dipenuhi. Seperti harus ada gerejanya, masjidnya, klentengnya, ga bisa satu satu,” jelasnya.

Namun, ia menegaskan penetapan ini bukan berarti hanya melihat kawasan ini, hanya sebatas bangunan tua peninggalan Belanda.

“kalo kita hanya fokus tentang bangunan bangunan tua ini, maka kita seperti mengesempingkan sejarah yang ada dari kota Semarang,” jelasnya

Menurutnya, dengan adanya penetapan ini, masyatakat dapat melihat bagiaman Kota Semarang mulai dari jaman Ki Pandanaran hingga jaman sebelum kemerdekaan.

“Kita harus mempertahankan identitas kota sendiri. Supaya sejarah tetap terjaga,” tandasnya. (jwn5)

BACA JUGA  Tentang Pembelian Oudetrap, Pemkot Dituntut Transparan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...