Jowonews

Logo Jowonews Brown

Resmikan Desa Binaan, Mendes Marwan: Dokter Harus Perhatikan Kesehatan Masyarakat Desa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar meresmikan Desa Binaan Ikatan Alumni Kedokteran Unsyiah di Desa Blangtingkum, Kemukiman Leumbata, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Minggu (8/5/2016). Para alumni Unsyiah akan memberikan pendampingan untuk pengadaan air bersih dan pembinaan kesadaran kesehatan masyarakat. foto: wahyu wening
ACEH, Jowonews.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT), Marwan Jafar minta perkumpulan dokter untuk perhatikan kesehatan desa. Peran serta dokter menurutnya, dapat dilakukan melalui Posyandu, Polindes, dan Poliklinik di perdesaan.
Hal tersebut disampaikan Menteri Marwan saat meresmikan pencanangan program desa binaan Ikatan Alumni Kedokteran Universitas Syiah Kuala (IAKU) di Desa Blangtingkeum Kemukiman Lamteuba Kecamatan Seulimum Kabupaten Aceh Besar, Minggu (8/5).
“Kami tentu mengapresiasi program  IAKU, karena ini adalah utuh upaya kita untuk membangun desa-desa kita. Terimakasih telah membantu mengembangkan desa dengan menggagas desa binaan ini,” ujarnya.
Menteri Marwan mengatakan, kerjasama antara IAKU dan masyarakat dapat dijalankan dengan memanfaatkan dana desa. Di mana, dana desa tahun ini meningkat 125 persen dari sebelumnya yakni dari Rp 20,7 Triliun menjadi Rp46,9 Triliun. Sehingga dengan dana tersebut,masing-masing desa akan mendapatkan dana minimal Rp600 juta per desa.
“Dengan dana desa, kita bisa bangun sesuatu. Bisa dibangun jalan, atau irigasi agar sawah-sawah teraliri air dengan maksimal. Atau bisa disatukan dengan program relevan dengan kedokteran, misalnya dengan mengembangkan Posyandu,” ujarnya.
Dana yang masuk ke desa lanjutnya, juga datang dari kementerian lain. Belum lagi alokasi dana desa (ADD) yang dialokasikan dari kabupaten.
“Masing-masibg desa di Aceh besar dapat ADD Rp400 juta – Rp500 juta per desa. Jika ditambah dana desa yang jumlahnya Rp600 juta hingga Rp700 juta, satu desa di Aceh Besar akan mendapatkan dana Rp1 Miliar lebih,” ujarnya
Ketua IAKU, Nasrul Musadir mengatakan, IAKU tergabung dari 2.851 alumni yang berdiri sejak Tahun 1994. IAKU dalam hal ini, ingin menjadi sebuah kekuatan bagi bangsa dan masyarakat yang memiliki daya juang tinggi untuk masyarakat.
Menurutnya, IAKU memiliki Tri Bhakti alumni yakni pertama, bhakti terhadap alamamater, bhakti kepada masyarakat Indonesia, dan bhakti kepada keluarga besar alumni.
“Program desa binaan ini adalah bukti bhakti kami yang ke tiga. Dalam 4 tahun ke depan, kami akan bekerjasama dengan kawasan Lamteuba. Lamteuba punya potensi yang luar biasa, hanya perlu sentuhan,” ujarnya. (jn03)
BACA JUGA  Kemendesa Bangun Gerakan Pangan Lokal Berbasis Desa

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...