Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ribuan Masyarakat Berdesak-desakan Saksikan Festival Kenthongan HUT Banyumas ke-452

Festival Kenthongan

BANYUMAS – Ribuan masyarakat dari Kabupaten Banyumas dan sekitarnya tumpah ruah di jalan Jenderal Soedirman Purwokerto dari arah Alun-alun Purwokerto hingga Pendapa Kabupaten Banyumas.

Mereka berkumpul untuk menyaksikan pagelaran seni budaya bernama Festival Kenthongan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas dalam rangka memperingati HUT Banyumas ke-452 pada Jumat malam (24/2/2023).

Sebanyak 31 peserta mengikuti festival kenthongan, empat di antaranya merupakan tim eksibisi dari Bank Indonesia Cabang Purwokerto, OJK dan BUMD di Kabupaten Banyumas, sedangkan 27 peserta lainnya merupakan peserta dari 27 kecamatan di Kabupaten Banyumas.



Diungkapkan Rahayu (23 tahun), warga Kecamatan Gumelar datang ke Purwokerto menyempatkan diri menyaksikan festival tersebut. “Mau bareng temen dan kerabat, dari kemarin pengen nonton. Soalnya tahun lalu kebetulan nggak nonton,” ujarnya.

Rahayu mengaku senang dengan adanya festival tersebut. Namun, dia berharap lebih banyak orang akan bergabung. “Kalau bisa lebih banyak lagi yang ikut, mungkin bisa menggandeng dari kabupaten tetangga. Kalau hari ini belum selesai, besoknya lanjut lagi, jadi acaranya semakin meriah,” ujarnya, dikutip dari serayunews.com.

Berbeda dengan Pak Tyas (38 tahun), warga Purwokerto mengaku sedikit kecewa dengan penampilan tersebut, karena setelah lama menunggu di Alun-alun Purwokerto, ia dan keluarganya kesulitan menyaksikan festival karena jumlah pengunjung yang banyak.

“Saya bawa bayi, kalaupun saya bisa melihatnya di pinggir jalan, saya harus berdesak-desakan, kan kasihan anak saya. Itu ada videotron kenapa nggak diputer tayangan kenthongan ini, jadi yang kesulitan nonton dipinggir jalan bisa nonton lewat videotron,” kata dia.

Foto dok. Serayu News

BACA JUGA  Aneka Kuliner Tradisional Hingga Kekinian Dijajakan Di Festival Kuliner Banyumas 2022

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...