Jowonews

Logo Jowonews Brown

Robot Sutera Wheels V1 Harumkan Unnes

SEMARANG, Jowonews.com – Robot sepak bola beroda karya tim robotika Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjuarai Kontes Robot Nasional 2016 yang digelar Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

“Robot kami berhasil menjadi juara pertama untuk kategori Eksibisi Robot Sepakbola Beroda (ERSB) pada KRN 2016 di Surabaya,” kata Kamal Wahyudi, Ketua Tim Robotika Unnes, di Semarang, Rabu.

Tim robotika Unnes terdiri atas empat mahasiswa, yakni Kamal Wahyudi, Aries Triwibowo, M. Ainul Fikri, dan M. Ulinnuha yang melombakan robot beroda dengan nama Sutera Wheels V1 pada KRN 2016.

Pada ajang KRN 2016 yang berlangsung di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), akhir pekan lalu, robot Unnes berhasil mengalahkan robot-robot dari berbagai perguruan tinggi lainnya.

Antara lain, robot Gerhana Dewaruci dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, robot Espartan karya mahasiswa Universitas Brawijaya Malang, dan robot dari Politeknik Negeri Bengkalis.

Kamal mengatakan pembuatan robot beroda itu memakan waktu sekitar dua minggu dengan biaya mencapai Rp5 juta, tetapi prosesnya belum sempurna karena ada program yang belum pas diaplikasikan.

“Ada program yang belum pas antara gerakan dan operator yang menggunakan ‘handphone’ berbasis android. Jadi, gerakannya masih agak sulit karena ‘hardware’-nya belum begitu sempurna,” katanya.

Meski demikian, ia yang semula tidak menyangka jika robot rancangan mereka bisa mengalahkan robot-robot dari tim lainnya merasa bangga karena bisa mengharumkan nama Unnes di kancah robotika.

“Nantinya, kami akan lebih sempurnakan lagi dengan ‘microprocessor’ dan ‘microcontroller’ yang ada sehingga bisa dikembangkan untuk fungsi lainnya, seperti membantu kerja manusia,” katanya.

Sementara itu, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes Dr Bambang BR mengapresiasi atas prestasi yang diraih tim robotika Unnes dalam kancah nasional, terutama dalam bidang robotika.

BACA JUGA  UAS, Jurusan di FBS Unnes Lakukan Kolaborasi Kreatif

“Tradisi berprestasi semacam ini harus ditularkan kepada adik-adik kelas. Ke depan, kami akan terus upayakan agar prestasi mahasiswa Unnes di bidang robotika semakin meningkat,” katanya. jn16-ant

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...