Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Ronde Jago Salatiga, Minuman Legendaris Dengan Segudang Khasiat

Ronde Jago Salatiga

Ronde Jago Salatiga merupakan minuman khas Salatiga yang biasa dimanfaatkan untuk menghangatkan badan di udara dingin Salatiga.

Hal yang membuat wedang Ronde Sekoteng Jago Salatiga ini menjadi istimewa karena minuman legendaris yang sudah berumur setengah abad ini bukannya sepi, malah justru semakin dicintai para pelanggannya.

Nama tempat yang menjual minuman ronde legendaris ini dikenal masyarakat dengan Warung Ronde Jago. Disebut Jago karena pada awalnya toko ini juga menjual berbagai macam jamu.



Sejarah Ronde Sekoteng Jago Salatiga

Sejak tahun 1960-an, Ronde Jago dikenal sebagai jajanan penahan dinginnya udara Salatiga. Konon nama Jago digunakan karena awalnya adalah toko jamu. Bertahan hingga saat ini, resep Ronde Jago yang diwariskan secara turun temurun telah mencapai generasi keempatnya yaitu Airlangga Setia Darma Putra.

Minuman yang diadaptasi dari minuman Cina ini disajikan dalam mangkuk porselen Cina berukuran sedang. Saat Anda gigit, tekstur bola-bola bundar ronde yang terbuat dari tepung beras ketan ini terasa begitu kenyal, namun lembut. Isiannya adalah kacang tanah yang digerus bersama dengan gula pasir. Renyah lembut.

Keunikan Wedang Ronde Jago Salatiga

Berbeda dengan Wedang ronde pada umumnya, Wedang Jago ring ini mengandung sembilan ramuan yang bermanfaat untuk kesehatan lambung dan daya tahan tubuh. Campurannya meliputi jahe, gula, ronde, manisan jeruk, sagu delima, kolang-kaling, manisan tangkweh dan rumput laut.

Selain ronde sekoteng, tersedia juga ronda kacang tanah yang memiliki rasa yang tak kalah nikmat. Jika ronde biasanya menggunakan kuah jahe, tetapi wedang ronde tanah menggunakan kuah dari sari kacang tanah.

Tak hanya minum dalam kondisi panas, baik wedang ronde sekoteng atau ronde kacang tanah juga dapat dinikmati dingin dengan menggunakan campuran es batu.

BACA JUGA  Soto Garing Klaten, Meski Tanpa Kuah Tak Kalah Lezatnya

Selain menikmati wedang ronde dan wedang kacang, pengunjung juga bisa memesan batagor dan berbagai jajanan khas Salatiga yang dijual di toko Ronde Jago. Ada pía, gula kacang dan kue koya dan lain-lain untuk ngemil bersama teman sambil minum wedang ronde.



Jam Buka dan Alamat Ronde Jago

Warung Ronde Jago buka mulai pukul 14.00 WIB hingga 21.30 WIB. Sejak mulai berdiri di hingga sekarang, Wedang Ronde Jago ini buka setiap hari tanpa hari libur.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.9, Kutowinangun Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50724

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...