Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Nasi Tumpang Lethok Klaten, Kuliner Tradisional Penggugah Selera

Nasi Tumpang Lethok Klaten

Sego Gudang merupakan salah satu kuliner khas dari Kabupaten Klaten yang cukup populer. Namun jangan salah, kabupaten ini masih memiliki kuliner lain yang tak kalah enak, yaitu Nasi Tumpang Lethok Klaten.

Nasi Tumpang Lethok bisa jadi pilihan menu yang mengenyangkan untuk sarapan. Nasinya dilengkapi dengan aneka sayuran yang dicampur dengan kelapa parut, lalu di atasnya diberi sambal atau saus lethok dari campuran tempe, santan dan bumbu lainnya.

Hidangan ini akan semakin terasa kelezatannya, apabila ditambahkan juga koyor atau suwiran daging sapi. Sedangkan sayuran yang digunakan dalam nasi tumpang lethok biasanya antara lain daun pepaya, tauge, kacang panjang dan bayam yang sudah direbus. Kemudian tambahkan kelapa parut hingga dengan bubuk kedelai. Tak luput juga daun kemangi juga diletakkan di atasnya.



Kunci cita rasa nasi Tumpang Lethok Klaten terletak pada proses memasak lethok itu sendiri. Selain itu, lethok dibuat dari tiga jenis tempe yang berbeda, yaitu tempe segar, tempe bacem, dan tempe semangit. Selain itu juga ditambah beberapa bumbu dengan takaran yang harus sesuai.

Lethok sudah diproses sejak sore hari sebelumnya, meskipun baru akan disiapkan di pagi hari. Hal ini tidak dapat disiapkan secara mendadak karena bumbunya pasti tidak akan meresap ke dalam makanan yang sedang dimasak dalam waktu yang bersamaan.

Tak hanya lethok yang ditaburi nasi, tapi sajian ini seringkali sangat beragam dengan topping lainnya. Seperti tambahan irisan koyor yang memiliki penikmatinya sendiri.

Biasanya nasi Tumpang Lethok Klaten juga disajikan dengan berbagai lauk lainnya seperti tempe goreng, bakwan dan sosis. Selain itu ada pula yang menambahkannya dengan kerupuk karak dan sambal belut yang semakin menambah kelezatan kuliner khas Klaten ini.

BACA JUGA  Sroto Sokaraja, Campuran Sambal Kacang dan Kuah Gurihnya Bikin Ketagihan

Saat singgah di Klaten, kamu bisa dengan mudah menemukan warung nasi tumpeng di sepanjang Jalan Mayor Kusmanto, Desa Semangkak, Kabupaten Klaten Tengah.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...