Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ronny Hartono, Taklukkan 45 Gunung Naik Onthel

KENDAL, Jowonews.com – Prestasi membanggakan ditorehkan Ronny Hartono, warga Desa Purwosari RT I RW I, Kecamatan Patebon. Sejak 2012 sambil naik onthel berhasil menaklukkan 45 gunung di Tanah Air. Atas prestasinya itu, Ronny mendapat penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid). Penghargaan diserahkan bos Leprid Paulus Pangka.

Menurut Ronny ekspedisi tersebut dimulai sejak pertengahan 2012 dan berakhir Desember 2015. Kali pertama, dia berhasil menaklukkan puncak Gunung Gede Pangrangu di Bogor Jawa Barat. Setelah itu dilanjutkan di beberapa gunung antara lain Gunung Cermai di Cirebon, Gunung Slamet, Sindoro, dan Rinjani.

Selama perjalanan pendakian, dia selalu ditemani para pecinta alam yang sama-sama hendak mendaki. Hal itu sebagai saksi bahwa aksinya tidak direkayasa.

“Saya ingin mecatat sejarah, apa yang mampu saya lakukan,” kata Ronny.

Dia menjelaskan, pendakian 45 gunung tersebut terbagi beberapa gelombang, yakni semula 10 gunung, kemudian menjadi 17 gunung, 27 gunung, 30 gunung, hingga akhirnya mencapai 45 gunung. Waktu selama 3,5 tahun itu dia beberapa kali harus pulang ke rumah.

Setiap melakukan pendakian, dirinya tidak lupa berkoordinasi dengan komunitas sepeda onthel dan pecinta alam di kota tujuan.

Jumlah 45 Gunung dipilih sesuai dengan tahun kemerdekaan Indonesia.

Selama bisa digowes, sepeda onthel itu dinaikinya. Jika tidak bisa dituntun, di panggul, dan terakhir di tarik menggunakan tali tambang yang telah disiapkan.

Pengalaman yang sulit terlupakan adalah saat mendaki gunung Leuser di Aceh. Sebab, pada pendakian pertama, dirinya tersesat, sehingga tidak bisa mencapai puncak gunung. Lantaran keterbatasan logistik, Ronny memutuskan pulang dan mengumpulkan bahan logistik. Pada pendakian yang kedua kalinya, dia berhasil mencapai puncak Gunung Leuser pada 17 Agustus 2014.

BACA JUGA  Dua Hari SEAKF Bangkok, Indonesia Kumpulkan 8 Emas

Sementara gunung tertinggi yang ia daki yaitu Gunung Kerinci di Kabupaten Jambi dengan ketinggian 3.800 meter di atas permukaan laut.

waktu mendaki di Gunung Cermai, dia mendapati seekor macan kumbang.

“Warga sekitar meyakini macan kumbang itu merupakan jelmaan Prabu Siliwangi,” jelas Ronny.

Direktur Leprid, Paulus Pangka mengatakan bahwa Ronny Hartono memang layak mendapatkan penghargaan karena prestasinya mendaki 45 gunung menggunakan sepeda onthel. Pihaknya sudah melakukan berbagai pertimbangan dan uji kebenaran dari aksi yang dilakukan.

“Untuk itu, kami memberi penghargaan berupa sertifikat dan medali,” tandas Paulus. (JN09/jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...