Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

RPH Diminati Warga Potong Hewan Kurban

BANYUMAS, Jowonews.com — Keberadaan rumah pemotongan hewan diminati masyarakat maupun panitia kurban sebagai tempat untuk menyembelih hewan kurban, kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Banyumas Sugiyatno.

“Dari pantauan kami, cukup banyak warga maupun panitia kurban yang menyembelihkan hewan kurbannya di RPH,” katanya saat memantau pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di RPH Bantarwuni, Kecamatan Kembaran, Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (1/9).

Menurut dia, hal itu disebabkan penyembelihan hewan kurban di RPH dapat dilakukan dengan cepat dan terpantau oleh dokter hewan.

Dia mencontohkan penyembelihan hewan kurban yang menggunakan peralatan semimodern, dalam satu jam mampu menyembelih 16 ekor sapi.Selanjutnya, sapi yang telah disembelih itu dikuliti dan dipotong-potong serta jeroannya dipisahkan untuk diperiksa oleh dokter hewan.

“Berdasarkan pantauan sementara, dari 16 ekor sapi yang telah disembelih, empat ekor di antaranya terkena cacing hati. Dari empat ekor yang terkena cacing hati itu, hanya satu ekor yang hatinya terkena cacing secara total sedangkan lainnya hanya sebagian,” katanya.

Ia mengatakan bagian yang terkena cacing hati itu langsung diafkir untuk dimusnahkan.”Tahun ini tampaknya lebih bagus, biasanya banyak yang terserang cacing hati,” kata dia menambahkan.

Lebih lanjut, Sugiyatno mengatakan pada Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah, pihaknya menerjunkan 62 personel Dinnakkan untuk memantau pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di seluruh wilayah Banyumas. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...