Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

RSUD dr. R Soetrasno Rembang Siap Hadirkan Layanan Baru untuk Penyakit Batu Ginjal

REMBANG – Menyambut usianya yang ke-69 tahun, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R Sutrasno Kabupaten Rembang telah meluncurkan peralatan canggih untuk menangani penyakit batu ginjal. Mulai 19 Februari 2024, RSUD tersebut menghadirkan layanan pemecahan batu ginjal tanpa operasi, menggunakan metode extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL).

Kasi Informasi RSUD dr. R Soetrasno Rembang, Tabah Tohamik, menjelaskan bahwa alat ESWL telah dioperasionalkan mulai tanggal 19 Februari 2024. Alat ini menggunakan tembakan laser untuk menghancurkan batu ginjal, sehingga tidak meninggalkan bekas sayatan pada tubuh pasien.

“Pada tahun 2024 ini, RSUD mulai mengembangkan layanan urologi dengan memperkenalkan alat bernama ESWL. Alat ini digunakan untuk merawat pasien dengan batu ginjal, yang sebelumnya harus menjalani operasi dengan sayatan dan meninggalkan bekas luka, kini dapat diatasi dengan tembakan laser,” jelasnya di ruang ESWL pada Senin (19/2/2024).

Tabah menambahkan bahwa sejak diluncurkan, sejumlah pasien telah datang dan merasakan manfaat dari alat baru tersebut. Layanan ESWL juga dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

“Kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas ini, karena layanan tersebut sudah dijamin oleh BPJS Kesehatan,” katanya.

Salah seorang warga Desa Jatihadi, Kecamatan Kaliori, Markum, yang mengantar istrinya berobat karena sakit batu ginjal, menyambut gembira adanya layanan tembakan laser untuk batu ginjal di RSUD dr. R Soetrasno. Ia mengungkapkan bahwa sebelumnya, untuk mendapatkan layanan tersebut harus pergi ke Semarang atau KSH Pati.

“Saya sangat bersyukur karena RSUD Rembang sekarang sudah menyediakan layanan ini. Dulu ketika teman saya sakit batu ginjal, harus dirujuk ke rumah sakit di Semarang. Sekarang istri saya yang sakit, dan alat baru ini sudah dapat digunakan. Semoga semuanya berjalan lancar,” ungkapnya.

BACA JUGA  Sejarah Rembang, Kabupaten yang Dijuluki 'The Cola of Java'

Bupati Rembang, Abdul Hafidz, juga mengapresiasi upaya RSUD dr. R Soetrasno dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Menurutnya, kemajuan terus terjadi, baik dari segi teknologi maupun sarana dan prasarana.

“Di usianya yang ke-69, RSUD mampu memberikan kontribusi besar dalam layanan kesehatan. Ini terbukti dengan berbagai kemajuan, termasuk dalam teknologi, seperti layanan urologi dengan adanya alat baru (ESWL),” ujarnya.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...