Jowonews

Logo Jowonews Brown

Rusdi Kirana, Dubes RI untuk Malaysia

KUALA LUMPUR, Jowonews.com – Pemerintah Malaysia sudah menyetujui penempatan Rusdi Kirana sebagai Duta Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur, menggantikan Herman Prayitno.

“‘Agreement’ dari Kementerian Luar Negeri Malaysia sudah keluar. Kalau tidak salah, dua Minggu yang lalu sudah keluar dari pemerintah Malaysia, dan kami sudah teruskan ke Indonesia,” ujar Wakil Dubes RI di Kuala Lumpur, Andreano Erwin di Kuala Lumpur, Kamis (6/4).

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Kuala Lumpur tersebut mengatakan, surat persetujuan sudah berada di Kementerian Luar dan Kementrian Sekretaris Negara untuk menyiapkan “letter of credential” (surat kepercayaan).

“Langkah selanjutnya yang ditunggu adalah pelantikan. Saya dengar, kemarin sudah dilantik 17 orang sehingga sisa enam lagi dari 23 orang. Dari enam ini, baru 50 persen yang mendapatkan persetujuan,” katanya.

Andreano mengatakan sekarang tergantung Presiden Joko Widodo untuk melakukan pelantikan yakni menunggu lengkap enam orang atau yang sudah dapat “agreement” saja.

“Jadi, secara prosedural administrasi semuanya sudah selesai tinggal pelantikan saja, dan persiapan surat kepercayaan para dubes, kemudian di Malaysia disampaikan kepada Raja atau Yang Dipertuan Agong,” katanya.

Andreano mengatakan, persetujuan bermula dari pengajuan di Kemlu Malaysia, kemudian ada pembahasan di lingkungan kabinet, dan pengecekan dari sisi keamanan dan sebagainya.

“Dari kabinet kemudian dikembalikan ke Kemlu, lalu dari Kemlu disampaikan kepada kami. Kemudian, kami sampaikan ke Kemlu, dari Kemlu diteruskan ke Setneg,” katanya.

Ketua DPC PKB Malaysia, Saiful Aiman menyambut baik persetujuan pemerintah Malaysia tersebut.

“Saya berharap dengan Pak Rusdi sebagai Dubes RI di Kuala Lumpur bisa meningkatkan pelayanan kepada rakyat untuk urusan keimigrasian dan kekonsuleran. Pengurusan cukup satu hari sehingga rakyat tidak perlu bolak balik datang ke KBRI. Kami akan akan selalu membantu menyosialisasikan program-program KBRI ke rakyat,” katanya.(jwn4/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...