Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Rutan Kudus Kelebihan Penghuni

KUDUS, Jowonews.com — Jumlah penghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kudus, Jawa Tengah, melebihi kapasitas daya tampung maksimal, kata Kepala Rutan Kelas II Kudus Budi Prajitno.

“Saat ini, jumlah penghuni Rutan Kudus mencapai 232 orang, sementara daya tampung ideal hanya untuk 94 orang,” ujarnya di Kudus, Selasa (9/5).

Jumlah penghuni tersebut, terdiri atas napi sebanyak 130 orang, meliputi napi wanita dan laki-laki. Sementara jumlah tahanan sebanyak 102 orang.

Ia mengatakan dengan jumlah penghuni sebanyak itu, upaya yang bisa dilakukan yakni melakukan mutasi ke Lembaga Pemasyarakatan lain atau mengefektifkan program pembinaan pembebasan bersyarat maupun cuti bersyarat.

“Sejauh ini, program tersebut sudah berjalan dengan baik karena cukup banyak warga binaan yang mendapatkan program bebas bersyarat maupun cuti bersyarat,” ujarnya. Ia mencatat hingga 18 Mei 2017 ada empat warga binaan yang akan mendapatkan pembebasan bersyarat.

Terkait dengan upaya mencari lokasi baru untuk pembangunan Rutan Kudus, kata dia, sebelumnya memang mendapatkan informasi tersebut.
“Akan tetapi, belum ada persetujuan karena lahan yang ditawarkan oleh pemda setempat kurang memadai,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, dalam proses tukar guling tersebut hanya mendapatkan lahan. “Apabila harus menanggung biaya pembangunan gedung dengan kapasitas yang ideal, tentunya tidak mampu,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, langkah yang ditempuh saat ini dengan memaksimalkan program pembinaan bebas bersyarat maupun cuti bersyarat serta mutasi ke LP lain guna mengurangi kepadatan penghuni. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...