Jowonews

Saatnya Timnas Raih Juara di Rajamanggala

CIBINONG, Jowonews.com – Harapan timnas Indonesia untuk menjadi raja di Asia Tenggara mendekati kenyataan. Dengan menuntaskan ujian terakhir di Stadion Rajamangala, timnas Indonesia akan jadi juara AFF Suzuki Cup 2016.
Gelar juara memang terlihat makin realistis untuk digapai setelah timnas mengalahkan Thailand 2-1 di Stadion Pakansari semalam.

Pasukan Alfred Riedl akan gantian dijamu Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, pada Sabtu (17/12) mendatang. Melihat skor di leg pertama, posisi Indonesia sebenarnya masih jauh dari kata aman. Pasalnya, Thailand cuma harus menang 1-0 di Rajamangala untuk membalikkan keadaan dan mengubur mimpi Indonesia.

Ada beberapa hal yang seharusnya menjadi motivasi tambahan bagi Boaz Solossa dan kawan-kawan. Yang pertama adalah baru kali ini Indonesia menang di leg pertama final sejak Piala AFF memakai format kandang-tandang di babak semifinal dan final. Di final Piala AFF 2004, Indonesia kalah 1-3 dari Singapura di Gelora Bung Karno. Hal itu memperberat langkah tim ‘Merah-Putih’, yang kemudian menyerah dengan skor 1-2 di kandang Singapura.

Indonesia kembali menembus babak final dan bertemu Malaysia. Akan tetapi, saat bertandang ke Kuala Lumpur pada laga final leg pertama, timnas kalah telak 0-3 dari Malaysia. Target membalikkan keadaan di GBK pun tak terwujud karena timnas cuma menang 2-1.

Yang kedua adalah fakta bahwa sejak final Piala AFF digelar dua leg, para pemenang di laga pertama selalu bisa menuntaskannya dengan jadi juara. Dengan kata lain, belum ada tim yang mampu membalikkan keadaan dan jadi juara setelah kalah di leg pertama final.

Catatan statistik di atas tidak akan membuat perjuangan timnas di Rajamangala menjadi lebih mudah. Kerja keras dari seluruh elemen timnas, termasuk dukungan para suporter, masih sangat dibutuhkan. Thailand memang tim terkuat di Asia Tenggara saat ini. Tapi, mengutip kata Riedl semalam, dalam sepakbola semua hal mungkin terjadi, tak terkecuali Indonesia meraih hasil yang cukup untuk menjadi juara dan mengangkat trofi di Rajamangala.

Kemenangan ini menjadi modal penting dan tambahan motivasi untuk Indonesia meraih gelar juara Piala AFF tahun ini. Tim besutan Alfred Riedl hanya membutuhkan hasil imbang di final kedua.

Namun, mereka tidak bisa berlama-lama merasakan euforia kemenangan tersebut. Boaz Solossa dkk langsung bersiap menghadapi Thailand di Bangkok. Pasukan Garuda sudah meninggalkan Hotel Aston Lake, Sentul, sejak pukul 08.30 WIB, Kamis (15/12).

Mereka dijadwalkan terbang ke Bangkok pukul 12.55 WIB siang ini dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Selama di Bangkok, mereka akan menginap di Hotel di Grand Four Wings Convention, Bangkok. Laga final kedua AFF Suzuki Cup 2016 akan dilangsungkan pada Sabtu (17/12/2016) mendatang di Stadion Rajamangala. (jn03)

Tinggalkan komentar