Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Salatiga Teknopark Siap Dibangun

Ilustrasi TeknoparkSALATIGA, Jowonews.com– DPRD Salatiga dan Pemkot Salatiga menggandeng Biro Inovasi Riset UKSW Salatiga menggagas pendirian Salatiga Tecnho Park (STP) di Kampung Salib Putih. Lahan yang disiapkan sebesar 1,6 hektar ini direncanakan masuk dalam program 100 Science-Techno Park yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Ketua Komisi A DPRD, Dance Palit mengatakan,  saat ini DPRD, Pemkot maupun UKSW tengah mematangkan konsep STP yang ditargetkan mulai dilaksanakan pada anggaran perubahan 2015 ini.

Terkait hal tersebut, Dance mengungkapkan sejumlah pihak yang berkepentingan telah sepakat dengan desain awal STP yang dibuat oleh siswa SMKN 2 Salatiga bernama Wahyu.

“Desain awal sudah jadi dan dibuat oleh siswa SMK N 2 kelas 3 bernama Wahyu. Nantinya STP ini akan dibuat dengan konsep Kota Modern dengan beberapa bangunan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, pengembangan UMKM serta sarana wisata edukasi bagi warga masyarakat,” ujar Dance.

Terkait anggaran, Dance mengatakan, pos anggaran yang disiapkan untuk satu kawasan Techno Park adalah sebesar Rp100 miliar dari pemerintah pusat. Namun demikian, imbuhnya, untuk anggaran  STP yang direncanakan dibangun di Salib Putih sejauh ini mencapai Rp 51 miliar.

Dance menambahkan, nantinya setelah konsep matang, baik DPRD, Pemkot Salatiga dan UKSW akan melakukan presentasi ke Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenrisetdikti).

“Tentu setelah selesai dan konsepnya matang, kami akan melakukan presentasi ke pemerintah pusat agar STP dimasukkan dalam program 100 Science-Techno Park di Kemendikti. Namun demikian saat ini kami secara berkala terus melaporkan proses pematangan konsep ke pemerintah pusat,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Maret lalu, Pemkot Salatiga dan DPRD Salatiga mendapatkan penjelasan dari Kemenrisetdikti terkait program techno park tersebut. Sejumlah persiapan termasuk penganggaran kegiatan pematangan konsep telah disiapkan oleh Bappeda Salatiga guna menunjang kegiatan proyek tersebut. (JN01)

BACA JUGA  Peringati Hari Anti Korupsi, Kejari Hentikan Penyidikan Kasus Jembatan Gamol

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...