Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Sebanyak 1.200 Batik Kuno Akan Di Pamerkan di Museum Batik Pekalongan

Batik Kuno Pekalongan

PEKALONGAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah akan menampilkan sekitar 1.200 koleksi batik kuno pada acara Hari Batik Nasional 2022 yang akan digelar pada 2 Oktober mendatang.

Direktur Unit Pelaksana Teknis Dinas Museum Batik Pekalongan, Akhmad Asror mengatakan, pihaknya siap menyukseskan Hari Batik Nasional 2022 dengan mengubah suasana galeri dengan cerita yang berbeda dari ide sebelumnya.

“Kami akan siapkan wajah baru pada saat perayaan Hari Batik Nasional 2022 agar pengunjung lebih nyaman melihat koleksi batik kuno,” ujarnya, dikutip dari Antara, Jumat (16/9/2022).



Pihaknya akan merotasi ruang pamer dan menggantinya dengan konsep lain, baik display batik hingga koleksi batik yang dipamerkan.

Sejauh ini, sekitar 90 koleksi batik telah ditampilkan di galeri dari total 1.200 koleksi batik, katanya. Ahmad Asror mengatakan penataan ulang atau rotasi koleksi batik ini juga dimaksudkan agar semua koleksi batik yang tersimpan di museum batik dapat ditampilkan dan dinikmati pengunjung.

“Jadi meski dengan keterbatasan luas ruang pamer, kami akan menyiasati dengan rotasi koleksi agar pengunjung bisa melihat seluruh koleksi batik,” katanya.

Dikatakannya, dalam rangkaian acara Hari Batik Nasional 2022, pihaknya juga akan menyelenggarakan lomba menggambar batik bagi pelajar agar nantinya bisa ikut serta dalam pelestarian warisan budaya ini.

“Kami akan bermitra dengan pembatik melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Batik Kota Semarang (LSP),” kata Ahmad Asror.

Foto: doc. Antara Jateng

BACA JUGA  Sejarah Awal Mula Pekalongan, Mulai Dari Kisah Bahurekso Hingga Perjalanan Bujangga Manik

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...