Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Sebanyak 33 Tim Dayung Meriahkan Rowo Suran Festival 2022

KEBUMEN – Sebanyak 33 tim mengikuti kompetisi dayung Rowo Suran Festival 2022 yang digelar di Sungai Mawar, Desa Rowo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, pada Sabtu (6/8/2022).

Kompetisi dayung tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan bulan Muharram, sekaligus memperingatu hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77, dan HUT Kebumen ke 393.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto menyambut baik setiap ide kreatif dan gagasan masyarakat untuk menyemarakkan peristiwa-peristiwa tertentu. Menurutnya Rowo Suran Festival ini membawa nuansa kearifan lokal.

“Perlombaan ini tentunya membawa nuansa kearifan lokal dengan suasana kebersamaan dan sukacita penuh perjuangan dalam meraih kemenangan,” kata Arif, dikutip dari kebumenekspress.com.

Arif berharap, kegiatan tersebut bukan hanya sebagai bentuk perlombaan saja, melainkan sebagai simbol kerukunan dan persatuan dalam masyarakat. Apalagi perlombaan ini juga diikuti masyarakat dari daerah lainnya.

“Saya berharap lomba ini dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan kualitas penyelenggaraannya. Sebab ini dapat mempromosikan potensi Kecamatan Mirit, baik pertanian, peternakan, maupun pengembangan sektor pariwisatanya,” ungkapnya.



Sementara itu Kepala Desa Rowo, Samsino mengungkapkan rasa syukurnya karena acara ini dapat terselenggara kembali. Acara rutin yang diselenggarakan setiap bulan Muharram ini sempat terhenti dua tahun karena pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah tahun ini bisa kembali diadakan, setelah sebelumnya pada 2020 dan 2021 kita off karena pandemi. Ini sebenarnya memang kegiatan rutin yang kita adakan di bulan Sura atau Muharam, bahkan sejak saya masih kecil lomba dayung ini sudah ada,” terangnya.

Ia mengungkapkan, Rowo Suran Festival 2022 tak hanya diisi lomba dayung saja. Melainkan juga berbagai perlombaan menarik lainnya untuk ibu-ibu dan anak-anak. Puncaknya adalah masyarakat akan mengadakan sedekah laut dengan memotong kambing dan melarung kepalanya ke laut disertai beberapa hasil bumi, pada 12 Agustus.

BACA JUGA  Sebanyak 98 Ekor Kambing di Kebumen Mengikuti Kontes Festival Kambing Peranakan Etawa

Bupati didampingi istrinya Iin Windarti Sugiyanto membuka acara tersebut dan ikut mencoba perahu dayung bersama para peserta lomba.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...