Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Sebanyak 51 Desa Bentuk BUM-Des

BATANG, Jowonews.com – Pemkab Batang bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik Sub Divisi Regional Pekalongan, Jawa Tengah, melalui program “Rumah Pangan Kita” membentuk badan uasaha milik desa (BUM-Des).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermasdes) Kabupaten Batang, Tulyono mengatakan bahwa saat ini sebanyak 51 dari 239 desa sudah membentuk BUM-Des, Sedangkan 188 lainnya masih dalam proses.

“Kami menargetkan hingga akhir 2016, semua desa sudah memiliki BUM-Des. Kami berharap bagi desa yang belum membentuk BUM-Des segera membangun,” katany, Selasa (1/11).

Menurutnya, BUM-Des ini akan menjadi kepanjangan tangan Bulog untuk menyalurkan atau menjual komoditi dengan harga di bawah pasaran. “Program pembentukan BUM-Des ini, agar stabilitas harga pangan agar lebih terjaga sekaligus memberdayakan masyarakat desa,” terangnya.

Dikatakan, pemkab akan membantu masyarakat desa yang akan membentuk BUM-Des dengan akan memberikan dana stimulan. “Hanya saja dana tersebut paling cepat direalisasikan pada 2018. Berdasar informasi Kementerian setiap BUM-Des akan menerima dana stimulan sekitar Rp60 juta sedang dari pemkab akan diusulkan Rp20 juta,” katanya.

Kepala Bulog Sub Divre Pekalongan, Sumarna mengatakan bahwa pada awal program “Rumah Pangan Kita”, Bulog akan menyiapkan empat dari 11 komoditas, yaitu beras, gula pasir, minyak goreng, dan tepung.

“Bagi BUM-Des cukup menyediakan dana Rp5 juta untuk awal program Rumah Pangan Kita. Adapun, tujuan program Rumah Pangan Kita antara lain untuk stabilitas harga pangan di pasaran dan menekan inflasi,” tandasnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...